Terjadi 10 Kali di Bulan September, BMKG Imbau Masyarakat Sumbar Waspada Gempa


Sabtu, 17 Oktober 2020 - 20:31:29 WIB
Terjadi 10 Kali di Bulan September, BMKG Imbau Masyarakat Sumbar Waspada Gempa Dok okezone.com

HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, bahwa Sumbar merupakan provinsi yang rawan terjadi bencana gempa dan tsunami. Hal ini terjadi akibat Sumbar berada pada zona subdukdi, sesar Mentawai dan sesar Sumatera.

Prakirawan BMKG Padang Panjang, Ma’muri menjelaskan selama periode bulan Agustus 2020 terjadi sebanyak 45 kali Gempa Bumi, dan selama bulan September terjadi sebanyak 10 kali.

Ma’muri mengatakan untuk ke depannya potensi gempa bumi akan terus terjadi karena Lempeng Tektonik diperut bumi akan selalu melakukan pergeseran maka satu sama lain akan bertabrakan dan sewaktu waktu bisa terjadi gempa bumi.

"Dan hampir seluruh wilayah Sumbar memiliki potensi yang sama sebagai daerah yang rawan terjadi gempa," kata Ma'muri, baru-baru ini.

BMKG Padang Panjang mengimbau kepada seluruh masyarakat agar terus waspada ketika gempa bumi datang dan mempersiapkan diri dengan berbagai pengetahuan tentang tata cara menghadapi bencana dan menyiapkan sarana dan prasarana seperti rumah yang siap untuk menghadapi bencana gempa bumi. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 15 Oktober 2020 - 13:25:53 WIB

    Mengerikan, Kecelakaan Terjadi Lagi di Tol Pekanbaru-Dumai

    Mengerikan, Kecelakaan Terjadi Lagi di Tol Pekanbaru-Dumai HARIANHALUAN.COM-Kecelakaan mengerikan terjadi lagi  di ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai (Permai), Riau yang baru dioperasikan. Kali ini kecelakaan melibatkan dua mobil berplat Pekanbaru, diperkirakan terjadi Kamis (15/10/2.
  • Ahad, 11 Oktober 2020 - 13:12:38 WIB

    Baru Beroperasi, Kecelakaan Parah Terjadi di Tol Permai Pekanbaru

    Baru Beroperasi, Kecelakaan Parah Terjadi di Tol Permai Pekanbaru HARIANHALUAN.COM - Kecelakaan kedua terjadi di ruas Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) di Kilometer 75, Minggu (11/10/2020), setelah pengoperasian jalan tol. Kecelakaan melibatkan dua mobil berplat Pekanbaru. Diperkirakan ter.
  • Rabu, 23 September 2020 - 21:14:02 WIB

    Fenomena Hujan Es Terjadi di Bogor

    Fenomena Hujan Es Terjadi di Bogor HARIANHALUAN.COM - Fenomena hujan es terjadi di Bogor, Rabu (23/9). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situs webnya telah memberi peringatan dini cuaca untuk wilayah Jawa Barat hari ini, Rabu 23 Septembe.
  • Rabu, 23 September 2020 - 20:24:09 WIB

    Selain Padang, Banjir Juga Terjadi di Kabupaten Pessel

    Selain Padang, Banjir Juga Terjadi di Kabupaten Pessel HARIANHALUAN.COM - Selain Kota Padang, banjir juga melanda sejumlah daerah di Kabupaten Pesisir Selatan. Hingga kini, personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat tengah berjibaku untuk melakukan antisipa.
  • Rabu, 23 September 2020 - 18:45:27 WIB

    Longsor di Kelok Jariang, Kemacetan Terjadi Hingga 1 Kilometer.

    Longsor di Kelok Jariang, Kemacetan Terjadi Hingga 1 Kilometer. HARIANHALUAN.COM - Kawasan Kelok Jariang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung kembali dilanda longsor, Rabu (23/9/2020). Sehingga akses jalan Padang-Painan itu mengalami kemacetan sekitar satu kilometer..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]