Swab Belum Keluar, Pasien Meninggal di Tanah Datar Dimakamkan dengan SOP Covid-19


Sabtu, 17 Oktober 2020 - 17:24:27 WIB
Swab Belum Keluar, Pasien Meninggal di Tanah Datar Dimakamkan dengan SOP Covid-19 Salah seorang warga Tanah Datar yang meninggal dunia dimakamkan dengan standar operasional prosedur Covid-19, Sabtu (17/10/2020).

HARIANHALUAN.COM - Salah seorang warga Tanah Datar yang meninggal dunia dimakamkan dengan standar operasional prosedur Covid-19, Sabtu (17/10/2020). Sebelum meninggal, almarhum sempat dirawat lima hari di RSUD Ali Hanafiah Batusangkar, dengan keluhan awal badan panas tinggi, dan pada Jum’at (16/10) malam sekitar pukul 23.30 WIB, almarhum M (65) warga Perumnas Dobok Kecamatan Lima Kaum meninggal dunia di ruang Isolasi RSUD.

Untuk antisipasi dari indikasi terkonfirmasi positif Covid-19, pihak RSUD segera melaksanakan penguburan jenazah menurut penanganan pasien positif, mencegah timbulnya klaster baru dengan status jenazah propable.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Tanah Datar Roza Mardiah, ketika dihubungi membenarkan hal tersebut, bahwa sesuai protokol kesehatan Covid-19 pasien sedang dalam pemeriksaan swab, apabila meninggal akan diselenggarakan secara aturan Covid-19. "Laporan yang kami terima memang benar, pasien seorang laki-laki usia 65 tahun pekerjaan swasta beralamat di Perumnas Dobok Indah dilakukan tes swab dan meninggal dunia sebelum hasi tesnya itu keluar," katanya.

Dengan status suspeck atau probable serta mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan terkait penyebaran Covid-19, penyelenggaraan jenazah mempedomani aturan Covid-19 dan telah dimakamkan siang ini di Jorong Pabalutan, Kecamatan Rambatan oleh tim dari PMI, kata Roza lagi.

Salah seorang keluarga almarhum, Very saat ditemui di lokasi pemakaman, menyebutkan bahwa pihak kelurga menerima proses pemakaman tersebut yang dilakukan sesuai standar SOP Covid-19. "Memang barangkali inilah hal terbaik dilakukan dalam mengantisipasi hal-hal terburuk yang mungkin saja dapat terjadi. Kami sangat menyadarinya demi keselamatan kita semua dan memutus rantai penularan virus Corona ini, kami serahkan sepenuhnya kepada pemerintah apa yang terbaik harus dilakukan," katanya. 

loading...
Reporter : Feri Maulana /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]