Perlu Memasifkan Lagi Pemahaman Covid-19 untuk Keselamatan Manusia


Sabtu, 17 Oktober 2020 - 12:25:35 WIB
Perlu Memasifkan Lagi Pemahaman Covid-19 untuk Keselamatan Manusia Akmal, S.Sos, Kepala Kantor SAR Mentawai.

Sepertinya perlu dengan serius memberikan pemahaman tentang apa itu Corona Virus Diasiase 2019 atau dengan sebutan akrab Covid-19 ini kepada masyarakat, rasanya walaupun dimulai lagi dari nol sekarang ini, juga belum terlambat.

Oleh: Akmal, S.Sos, Kepala Kantor SAR Mentawai

Sosialisasi dan edukasi memang perlu dimasifkan lagi. Sehingga Mitigasi Non-Bencana Alam ini, yang salah satunya adalah "PROTOKOL KESEHATAN" dapat dilaksaknakan dengan sadarnya memang untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Penerapan *PROTOKOL KESEHATAN* dari hati masyarakat itu sendiri belum terlihat secara nyatanya, banyak yang masih melanggar aturan protokol kesehatan baik disengaja maupun tidak sengaja, hal ini bisa saja disebabkan masih kurangnya pengetahuan tentang Covid-19 itu sendiri.

Tugas berat Pemerintah dan semua Satuan Gugus Tugas percepatan penanganan Covid 19 yang mau ikhlas membantu agar penyebaran Covid-19 ini tidak semakin luas. Kalau dilihat dari pemahaman tentang Covid-19, kayaknya edukasi pencegahan penyebaran Covid-19 perlu dimulai lagi dari nol (+).

Kami menilai pemahaman secara mendasar tentang Covid-19 ini masih belum menyeluruh menyentuh semua elemen masyarakat. Pantas saja *PROTOKOL KESEHATAN* yang salah satunya yaitu menggunakan masker seringkali dilanggar, sehingga terkesan masker hanya untuk  kepentingan sebuah aturan dan kepentingan untuk gaya berfoto saja. Padahal jauh dari ini kepentingan dan manfaat memakai masker adalah "menyelamatkan banyak orang".

Jadi kami mengimbau bagi yang memahami tentang Covid-19 ini dan cara pencegahannya, maka, berbagilah keseluruh orang disekitar kita. Sehingga tanpa disuruh dan diperintah, sanak saudara di sekeliling kita itu, akan dengan sendirinya mematuhi "PROTOKOL KESEHATAN".

Mari masifkan lagi sosialiasi dan edukasi tentang Covid-19, sehingga *MITIGASI* yaitu *PROTOKOL KESEHATAN* bisa berjalan sesuai tujuannya. Maka kesadaran itu akan tumbuh di seluruh lapisan masyarakat. Salam sehat buat semua, *AVIGNAM JAGAT SAMAGRAM* (Selamatlah alam semesta).

*#PAKAIMASKER*.

*#JAGAJARAK*

*#CUCITANGAN*. (**)

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 23 September 2020 - 20:36:02 WIB

    Provinsi Sumatera Barat Perlu Ganti Nama Menjadi Provinsi Minangkabau

    Provinsi Sumatera Barat Perlu Ganti Nama Menjadi Provinsi Minangkabau HARIANHALUAN.COM - Beberapa minggu lalu provinsi Sumatera Barat menjadi topik hangat setelah muncul kesan diragukan dukungannya pada Negara Pancasila. Perdebatan itu menimbulkan polemik. Saya mengusulkan agar Provinsi Sumater.
  • Ahad, 06 September 2020 - 06:07:00 WIB

    Menjaga Kemurnian Demokrasi dalam Pilkada Itu Perlu

    Menjaga Kemurnian Demokrasi dalam Pilkada Itu Perlu Kata "demokrasi" berasal dari dua kata demos yang berarti rakyat, dan kratos/cratein yang berarti pemerintahan, sehingga dapat diartikan sebagai pemerintahan rakyat, atau yang lebih kita kenal sebagai pemerintahan dari rakyat.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]