Agar Perut Tak Buncit karena WFH, Beralih Yuk ke 5 Makanan Ini


Sabtu, 17 Oktober 2020 - 10:09:18 WIB
Agar Perut Tak Buncit karena WFH, Beralih Yuk ke 5 Makanan Ini Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM  - Nasi merupakan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Akan tetapi, nasi juga mengandung gula, sehingga jika Anda tidak melakukan olahraga, tentu berat badan akan bertambah.

Sementara itu, jika Anda masih enggan untuk pergi ke gym karena takut tertular Covid-19 dan jarang bergerak karena WFH, maka Anda bisa mencoba alternatif lain dengan mengonsumsi bahan pangan selain nasi.

Berikut beberapa makanan pengganti nasi yang sudah Okezone rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (16/10/2020).

 Quinoa

1. Quinoa

Biji quinoa bebas gluten dan kaya akan protein, zat besi, dan serat. Mereka juga kaya akan asam amino. Biji quinoa adalah protein lengkap, yang berarti biji quinoa memiliki kesembilan asam amino esensial, yang menjadikannya sumber protein yang sangat kaya, terutama bagi vegetarian.


2. Kentang

Kentang merupakan tumbuhan yang tumbuh di dalam tanah dan cocok dimakan sebagai pengganti nasi. Kandungan nutrisi kentang bisa berbeda-beda tergantung varietas dan cara pembuatannya. Misalnya, kentang goreng menambah lebih banyak kalori dan lemak daripada memanggangnya.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa kulit kentang mengandung banyak vitamin dan mineral. Mengupas kentang secara signifikan dapat mengurangi kandungan nutrisinya.

3. Barley

Seiring dengan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, barley juga kaya akan selenium, mineral yang jarang ditemukan di makanan lain. Selain itu barley juga mengandung mangan, fosfor dan tembaga. Meskipun membutuhkan lebih banyak waktu untuk memasak daripada nasi putih, jelai ini adalah pengganti nasi yang jauh lebih sehat.

4. Soba

Soba juga bebas gluten, konsumsi soba secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kadar gula darah. Itu kaya serat dan bahkan dikenal untuk melawan kanker. Ini mengandung kalori yang jauh lebih sedikit daripada nasi, dan efektif untuk menurunkan berat badan.

5. Jagung 

Jagung adalah sayuran bertepung dan biji-bijian sereal yang telah dimakan di seluruh dunia selama berabad-abad. Ini kaya akan vitamin dan mineral.

Jagung kaya akan karbohidrat dan kaya serat, vitamin, dan mineral. Ini juga relatif rendah protein dan lemak. Jagung utuh mengandung serat dan mengandung vitamin C, vitamin B, magnesium, dan kalium. Namun, produk jagung olahan bisa mengurangi nutrisinya. Untuk itu, cukup konsumsi jagung alami saja ya.(*)

loading...
 Sumber : okezone /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 22 Oktober 2020 - 22:54:24 WIB

    Ini Tips Aman agar Libur Panjang Cuti Bersama Bebas Covid-19

    Ini Tips Aman agar Libur Panjang Cuti Bersama Bebas Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Pemerintah terus mengingatkan pada masyarakat agar sebisa mungkin berada di rumah dalam libur panjang pada 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020 mendatang. Pengalaman dua kali libur panjang disertai pening.
  • Ahad, 11 Oktober 2020 - 21:17:38 WIB

    10 Protokol Kesehatan agar Bisa Nonton Bioskop saat PSBB Transisi

    10 Protokol Kesehatan agar Bisa Nonton Bioskop saat PSBB Transisi HARIANHALUAN.COM - DKI Jakarta akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi jilid II mulai Senin 12 Oktober. Pada masa PSBB transisi jilid II ini, aktivitas di dalam ruangan dengan pengaturan tempat duduk .
  • Jumat, 09 Oktober 2020 - 11:06:52 WIB

    Begini Cara Mudah Menabung agar Cepat Kaya

    Begini Cara Mudah Menabung agar Cepat Kaya HARIANHALUAN.COM – Banyak orang yang kesulitan menabung, apalagi ditambah dengan punya gaya hidup yang boros. Padahal banyak yang sadar akan pentingnya menabung dan manfaatnya di kemudian hari..
  • Senin, 05 Oktober 2020 - 12:34:29 WIB

    Agar tak Menyesal, Lakukan 5 Hal ini dengan Sahabat di Usia 20-an

    Agar tak Menyesal, Lakukan 5 Hal ini dengan Sahabat di Usia 20-an HARIANHALUAN.COM - Anda pasti setuju dengan pernyataan ini, memiliki sahabat karib ketika Anda berusia dua puluhan pasti merupakan saat terbaik dalam hidup Anda..
  • Senin, 28 September 2020 - 21:16:43 WIB

    Agar Tak Kebingungan, Perhatikan Cara Daftar NPWP Online 2020

    Agar Tak Kebingungan, Perhatikan Cara Daftar NPWP Online 2020 HARIANHALUAN.COM - Dalam sistem perundang-undangan kita, setiap orang tak terkecuali warga negara asing (WNA), yang berpenghasilan di wilayah hukum Indonesia secara otomatis merupakan wajib pajak yang memiliki hak dan kewaji.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]