Ribuan Demonstran Kembali Turun ke Jalan, Tuntut PM Thailand Mundur


Jumat, 16 Oktober 2020 - 22:19:11 WIB
Ribuan Demonstran Kembali Turun ke Jalan, Tuntut PM Thailand Mundur Ribuan demonstran memenuhi jalan-jalan di distrik pusat bisnis di Bangkok, Thailand,. (Sumber: AP Photo-Kompas.tv)

HARIANHALUAN.COM-Ribuan demonstran kembali turun ke jalan menuntut  Perdana Menteri (PM) Thailand, Prayuth Chan-ocha, agar mundur dari jabatannya, Jumat (16/10/2020). 

Mereka juga menolak dekrit darurat dan mendesak pemerintah Thailand segera melakukan reformasi politik. Mereka juga menyerukan agar pemerintah segera menggelar pemilihan umum, undang-undang yang baru dan reformasi kerajaan.   

Polisi telah mendirikan pagar kawat berduri dan penghalang jalan agar para demonstran tidak kembali ke lokasi yang mereka kuasai Kamis malam. Namun, rupanya para pemimpin demonstran segera mengganti rencana dan mengalihkan para demonstran ke arah lokasi baru.

Seruan para demonstran untuk mereformasi kerajaan telah meningkatkan tensi politik di Thailand dan menyebabkan kemarahan kaum konservatif yang menganggap segala diskusi tentang kerajaan sebagai pengkhianatan.

Sejak lama, keluarga kerajaan Thailand telah dianggap sebagai pilar identitas Thailand yang suci dan tak tersentuh. Raja Maha Vajiralongkorn dan sejumlah anggota kunci keluarga kerajaan dilindungi hukum lese majeste, yakni pasal yang melindungi anggota keluarga kerajaan dari hinaan atau ancaman. 

Pasal tersebut kerap digunakan untuk membungkam para pengkritik yang dianggap telah menghina kerajaan dengan ancaman hingga 15 tahun penjara. (*)

loading...
 Sumber : Kompas.tv /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 23 April 2019 - 13:15:23 WIB

    Fahri Hamzah Mengaku Menerima Ribuan Laporan Dugaan Kecurangan Pemilu 2019

    Fahri Hamzah Mengaku Menerima Ribuan Laporan Dugaan Kecurangan Pemilu 2019 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyebutkan, di antara persoalan yang paling sering diingatkannya adalah, pemerintah tidak saja harus tidak curang tapi harus nampak tidak curang. .
  • Rabu, 28 Oktober 2015 - 20:18:12 WIB

    Ribuan Mahasiswa Kepung Istana

    JOKOWI-JK DIVONIS GAGAL

    JAKARTA,  HALUAN-Sekitar lima ribuan mahasiswa  dari gabungan Badan E.

  • Kamis, 26 Februari 2015 - 19:16:15 WIB

    Ribuan Nelayan Demo ke Istana

    PROTES LARANGAN PENGGUNAAN CANTRANG

    JAKARTA, HALUAN – Ribuan nelayan dari Jawa Tengah berunjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta, Kamis (26/2). Ini merupakan aksi lanjutan se.


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]