Pertanda Covid-19, Tidak Selalu Hidung Tersumbat dan Pilek


Jumat, 16 Oktober 2020 - 20:59:35 WIB
Pertanda Covid-19, Tidak Selalu Hidung Tersumbat dan Pilek Ilustrasi. Net

HARIANHALUAN.COM-Pasien Covid-19, memang diantaranya  ada yang mengalami hidung tersumbat dan pilek, tetapi ini bukan tanda klasik penyakit yang kini menjadi pandemi itu.

Demikiang diungkapkan dokter Neha Vyas dari Cleveland Clinic seperti dilansir Health pada Jumat (16/10/2020).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merujuk pada laporan kasus di China pada Februari lalu menemukan, hanya 4,8 persen pasien (dari 55.924 kasus) yang menunjukkan hidung tersumbat sebagai tanda atau gejala infeksi Covid-19.

Angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan persentase pasien yang melaporkan gejala yang lebih umum, seperti demam (87,9 persen), batuk kering (67,7 persen), dan kelelahan (38,1 persen).

Tetapi di sisi lain, menurut Vyas, hidung tersumbat dan pilek juga bisa berhubungan dengan sejumlah penyakit seperti influenza, alergi, dan flu.

Untuk memastikannya, Anda perlu menjalani pemeriksaan. Jika Anda menderita hidung tersumbat selama beberapa hari terakhir, cobalah berkonsultasi dengan dokter melalui layanan telemedis.

Tetapi, jika Anda mengalami gejala yang lebih parah seperti kesulitan bernapas, sebaiknya segera berobat ke klinik perawatan darurat.

Vyas mengatakan bahwa jika pasien datang dan mengeluh hidung tersumbat, hal pertama yang perlu dokter lakukan adalah mencoba memahami risiko Covid-19pasien, ditambah kesehatan umum mereka.

"Jika seseorang memberi tahu saya hidungnya tersumbat dan tidak ada yang lain, saya akan mengetahui risiko mereka (untuk Covid-19), tetapi tidak langsung menyimpulkan itu Covid-19,” kata dia. (*)

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 April 2020 - 08:57:24 WIB

    Sakit Mata Pertanda Gejala Corona, Benarkah?

    Sakit Mata Pertanda Gejala Corona, Benarkah? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sebagaimana infeksi pernapasan lainnya, virus corona COVID-19 umumnya ditandai dengan keluhan batuk dan sesak napas. Namun seorang ahli data mengaitkannya juga dengan sakit mata..
  • Ahad, 05 April 2020 - 21:59:24 WIB

    Bukan Pertanda Buruk, Ini Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal

    Bukan Pertanda Buruk, Ini Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mimpi orang terdekat seperti orangtua atau pasangan yang meninggal dunia seringkali begitu menyesakkan dada. Meski hanya di dalam mimpi, kejadian itu terkadang terasa begitu nyata..
  • Rabu, 11 Maret 2020 - 21:21:01 WIB

    Ladies, Kondisi Ini Pertanda Kamu Kelebihan Hormon Pria

    Ladies, Kondisi Ini Pertanda Kamu Kelebihan Hormon Pria JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Salah satu masalah yang paling dibenci oleh Kaum Hawa adalah jerawat yang berada di area wajah. Kehadiran bintik merah itu dianggap merusak penampilan dan menurunkan rasa percaya diri seseorang..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]