Minus Valentino Rossi, Ini 4 Fakta yang Dapat Terjadi di MotoGP Aragon 2020


Jumat, 16 Oktober 2020 - 14:50:58 WIB
Minus Valentino Rossi, Ini 4 Fakta yang Dapat Terjadi di MotoGP Aragon 2020 Valentino Rossi

HARIANHALUAN.COM - Sirkuit Aragon di Spanyol akan menjadi tuan rumah dari lanjutan kalender MotoGP 2020. GP Aragon pun akan menjadi seri ke-10 yang dipastikan akan berjalan menarik dan tentunya bakal sulit diprediksi seperti di balapan-balapan sebelumnya di musim ini.

Musim ini memang sangat sulit diprediksi, terbaru Valentino Rossi dipastikan terpapar virus corona. Jadi, ada dua ikon MotoGP saat ini yang dapat dipastikan absen di gelaran GP Aragon 2020, yang mana akan berlangsung pada Minggu 18 Oktober 2020 mendatang.

Dua ikon itu adalah Valentino Rossi dan Marc Marquez yang bahkan sudah absen sedari MotoGP Andalusia 2020 dikarenakan cedera di seri perdana musim ini. Terlepas dari absennya dua ikon MotoGP tersebut, MotoGP Aragon 2020 diprediski akan tetap menarik.

Karena sulit memprediksi siapa yang akan menjadi pemenangnya di Sirkuit Aragon, Spanyol nanti, seperti yang sudah terjadi di balapan-balapan sebelumnya di musim ini. Gara-gara sulit diprediksi itu, maka Okezone mencatat setidaknya ada empat fakta menarik yang bisa saja tercipta di balapan MotoGP Aragon 2020 nanti. Kira-kira apa saja?

Sejauh ini MotoGP 2020 sudah memiliki tujuh pembalap pemenang berbeda dari sembilans seri yang sudah dimainkan. Banyak pembalap yang berbeda itu membuat pemenang MotoGP Aragon nanti akan semakin sulit untuk diprediksi.

Akan tetapi, bila melihat sejarah balapan di Sirkuit Aragon, maka rider Honda patut diperhitungkan. Sebab semenjak menjadi tuan rumah MotoGP pada musim 2010 kemarin, Honda menjadi tim paling tersukses di sirkuit tersebut dengan tujuh kemenangan.

Tujuh kemenangan itu disumbangkan oleh Marc Marquez, Dani Pedrosa, dan Casey Stoner. Dengan fakta di atas, maka rasanya wajar saja jika Alex Marquez yang merupakan rider Repsol Honda saat ini pantas dijagokan di MotoGP Aragon 2020.

Menariknya, jika Alex benar-benar menang di MotoGP Aragon 2020, maka ia akan menjadi rider kedelapan yang menang di musim ini. Bila melihat penampilan Alex di seri sebelumnya (MotoGP Prancis 2020), maka ada harapan ia bisa berbicara banyak di Aragon.

Sirkuit Aragon bukanlan trek yang cocok untuk motor Yamaha. Lintasan Aragon disebut lebih cocok dengan motor-motor yang memiliki tenaga besar seperti Ducati dan Honda. Jadi, wajar jika Yamaha kesulitan tampil baik di Sirkuit Aragon.

Tercatat baru Jorge Lorenzo yang dapat membawa Yamaha menang di Aragon, tepatnya pada musim 2014-2015. Setelah itu, Yamaha tak lagi berhasil meraih hasil manis. Pada musim lalu saja tak ada satu pun rider Yamaha yang menempati posisi podium

Akan tetapi, di MotoGP Aragon 2020 Yamaha mungkin bisa berbicara banyak. Sebab di musim ini Yamaha tampil sangat baik berkat peningkatan YZR-M1. Yamaha saja menjadi tim yang paling banyak menang di musim ini dengan total lima kemenangan, yang disumbangkan oleh Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, dan Maverick Vinales.

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, Honda adalah tim yang paling sukses di GP Aragon. Yamaha pun terbilang cukup baik karena sempat menang dua kali di sana. Lalu Ducati tercatat hanya baru menang sekali di Sirkuit Aragon.

Kemenangan Ducati di Aragon pun sudah terbilang sangat lama, yakni ketika di MotoGP Aragon 2010, yang mana kala itu dimenangkan oleh Stoner. Jadi, andai kata Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Jack Miller, Francesco Bagnaia, dan Johann Zarco menang di Aragon, maka akan ada rider Ducati baru yang mampu menang di seri tersebut. (*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]