Kabupaten Pesisir Selatan Miliki Potensi Akar Ginseng Kuning


Jumat, 16 Oktober 2020 - 09:03:42 WIB
Kabupaten Pesisir Selatan Miliki Potensi Akar Ginseng Kuning Akar ginseng kuning

HARIANHALUAN.COM - Akar ginseng kuning atau nama ilmiahnya Rennellia Elliptica Kort yang banyak ditemukan di Kabupaten Pesisir Selatan. Saat ini akar tanaman yang memiliki banyak khasiat itu dihargai Rp7.000 per kilogram oleh pedagang pengepul di daerah setempat.

"Harganya itu bisa bervariasi bisa lebih murah dan lebih mahal, saat ini harganya Rp7.000 per kilogram," kata Wali Nagari Nagari Lakitan Tengah, Irwandi dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Jumat (16/10).

Harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di beberapa toko daring yang mencapai puluhan ribu rupiah per kilogramnya. Kendati demikian, sejak beberapa bulan terakhir animo masyarakat cukup tinggi untuk mencari akar tanaman yang tumbuh di hutan belantara dan uang hasil penjualannya diandalkan untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

"Sebelumnya memang tidak ada yang sadar bahwa hutan di daerah kami ini banyak tumbuh tanaman Ginseng Kuning, namun setelah ada yang tahu dan ternyata bernilai ekonomis banyak warga yang mencarinya, dan masing-masing mereka bisa mendapatkan 20 sampai 30 kilogram akar ginseng per harinya" ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi Pesisir Selatan, Madrianto menyebut Ginseng Kuning tersebut masuk ke dalam famili Rubiacea, spesies Rennellia Elliptica Kort. Hal tersebut katanya berdasarkan surat dari Herbarium Universitas Andalas dengan nomor 304/K-ID/ANDA/IX/2020.

"Surat itu merupakan tindaklanjut dari surat permohonan identifikasi tamanan yang sebelumnya kami kirimkan ke Universitas Andalas," kata dia.

Akar Ginseng itu secara keseluruhan berwarna oranye hampir menyerupai warna wortel, sementara akarnya memanjang tidak seperti Ginseng pada umumnya yang mengembung, selanjutnya di bagian akarnya juga tidak ada akar serabut. Ginseng pada umumnya berkhasiat untuk membantu manusia dalam melawan penyakit seperti kanker, diabetes, meredakan lelah dan AIDS.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]