Kuota JKN-KIS Habis, 7.881 Penduduk Pasaman Terancam Tak Bisa Berobat Gratis


Kamis, 15 Oktober 2020 - 21:46:41 WIB
Kuota JKN-KIS Habis, 7.881 Penduduk Pasaman Terancam Tak Bisa Berobat Gratis Data grafis kepesertaan JKN KIS di Kabupaten Pasaman

HARIANHALUAN.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Pasaman, mengungkapkan terdapat 7.881 masyarakat setempat belum terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Pasaman, Syafruddin mengatakan, sekitar 2,5 persen atau 7.881 jiwa penduduk Pasaman belum terdaftar sebagai peserta JKN KIS, dari total 311.442 jiwa jumlah penduduk di daerah itu. 

"Ada 2,5 persen lagi. Untuk kepesertaan JKN KIS per Agustus 2020 baru mencapai 303.561 jiwa. Jumlah tersebut berasal dari lima segmentasi, sehingga progres pencapaian UHC di Pasaman baru 97,47 persen," ujarnya saat dihubungi, Kamis (15/10/2020).

Untuk mengakomodir ribuan penduduk yang belum terdaftar sebagai peserta JKN KIS tersebut, Syafruddin menyarankan, Pemkab Pasaman segera melakukan penambahan anggaran agar target pencapaian Universal Health Coverage (UHC) di kabupaten itu bisa mencapai 100 persen. 

"Yang 2,5 persen itu anggota baru, tapi nggak ada quota lagi. Untuk bisa mengakomodir mereka, perlu penambahan anggaran sekitar Rp225 juta lagi untuk sampai Desember 2020," ungkap Syafruddin. 

Menanggapi masih banyaknya warga belum terdaftar sebagai peserta Program JKN-KIS, anggota DPRD Pasaman, Yulisman sangat menyayangkan hal tersebut. Ia mengaku prihatin nasib rakyat kecil diabaikan oleh pemerintah daerahnya sendiri. 

Menurutnya, banyak manfaat yang akan diterima oleh warga apabila terdaftar sebagai peserta BPJS-Kesehatan terutama saat menjalani perawatan atau pelayanan di bidang kesehatan.

"Kalau memang masih ada warga yang tidak mampu dan belum masuk sebagai peserta, seharusnya bisa dibantu melalui alokasi anggaran APBD oleh pemda. Sehingga ketika sakit, warga tidak mampu ini bisa berobat gratis, tanpa harus cemas dan rasa khawatir," kata Ketua Fraksi PAN ini. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]