Bawaslu Pasaman Barat Ajak Media dan Mahasiswa Awasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020


Rabu, 14 Oktober 2020 - 22:09:57 WIB
Bawaslu Pasaman Barat Ajak Media dan Mahasiswa Awasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 Bawaslu Kabupaten Pasbar adakan acara sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bersama media dan mahasiswa di holel Ghuci Simpang Empat

PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM -- Jalankan fungsi pengawasan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) ajak partisipasi media dan mahasiswa agar ikut mengawasi didalam penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Pasbar. 

Sebagai penyedia jasa informasi, tentunya peran media (pers) dan mahasiswa sangat penting sebagai informan awal jika terjadi pelanggaran dalam Pemilu. Selain itu, media dan mahasiswa ini juga berguna sebagai langkah dan upaya perpanjangan tangan Bawaslu untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

"Peran mahasiswa dan media (Pers) sangat penting dalam pengawasan, karena pers dan mahasiswa ini lebih dekat dengan masyarakat, dan tentunya juga akan lebih mengerti permasalahan yang terjadi dilapangan," sebut Ketua Bawaslu Pasbar, Emra Patria kepada Haluan.com saat selesai menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pilkada serentak 2020 di Aula Hotel Gucci, Simpang Empat, Rabu (14/10/2020). 

Emra Patria mengharapkan, ikutnya peran dari media dan mahasiswa ini, juga akan menambah tenaga pengawas dari Bawaslu Pasbar karena jumlahnya yang terbatas, yaitu hanya sebanyak 150 orang tenaga pengawas yang tersebar di seluruh Desa atau Nagari yang ada di Kabupaten Pasbar, sedangkan yang akan diawasi cukup banyak. 

"Dengan adanya komitmen bersama ini, maka mahasiswa dan media bisa menjadi perpanjangan mata dan telinga Bawaslu di lapangan untuk menyampaikan informasi awal dugaan adanya pelanggaran pemilu yang terjadi," ujarnya.

Selain itu, Emra Patria juga meminta kepada setiap lapisan masyarakat Kabupaten Pasbar, agar ikut mengawasi dan segera melapor ke Bawaslu jika terjadi pelanggaran pada penyenglenggaran Pemilu ini. 

"Bagi informan atau relawan yang menemukan terjadinya pelanggaran, harapkan untuk segera memberikan informasi pelangaran tersebut kepada Bawaslu dan jangan takut untuk melapor, karena data diri orang yang melaporkan akan dilindungi oleh Bawaslu dan tidak akan dipublikasikan," tutup Emra Patria mengakhiri. (*)

loading...
Reporter : Muhammad Fadli /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]