Kondisi Turap Pengendalian Banjir Korong Kajai Padang Pariaman Memprihatinkan, Lahan Warga Terancam Digerus Sungai


Rabu, 14 Oktober 2020 - 20:13:50 WIB
Kondisi Turap Pengendalian Banjir Korong Kajai Padang Pariaman Memprihatinkan, Lahan Warga Terancam Digerus Sungai Kondisi turap penahan tebing yang memperihatinkan di Korong Kajai yang menunggu penanganan dari berkompeten daerah ini.

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kondisi turap pengendalian banjir di Korong Kajai, Campago Barat Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman tampak makin runyam. Bentangan turap delapan ratus meter lebih kurang, pada sejumlah titik tampak sudah patah dan ambruk ke sungai.

Selain itu pada bentantangan datar bagian atas sebahagian besar tertutupi tumbuhan gulma atau merimba sepertinya luput dari perawatan oleh pihak berkompeten di daerah ini.

Turap yang dibangun melalui proyek pengendalian banjir tahun 2012 itu seperti terpantau harianhaluan.com Rabu (14/10-2020), kini perlu penanganan  perawatan agar tak terlanjur bertambah rusak parah.

Wali Nagari Campago Barat, Junaidi membenarkan kondisi turap yang sudah mulai memprihatinkan itu. Turap yang dibuat sejak delapan tahun lalu, terasa sangat membantu lahan warga terhindar dari gerusan ganasnya erosi batang nareh.

Menurutnya, dengan kondisi sekarang tentu rasa kewaswasan akan bertambah hancur turap tersebut bila tak mendapat penanganan dari pihak berkompeten di daerah ini. Kalau diperbaiki dengan dana desa tak bisa tapi dengan dilaporkan ke Provinsi Sumbar melalui proposal sudah dilakukan setahun lalu. Begitupun ke balai sungai wilayan V sudah juga, termasuk ketika bertemu ramah di Kantor Camat V Koto Kampung Dalam juga beberapa bulan lalu, sudah dilaporkan diiringi denga proposal.

"Bagaimana hasilnya, tentu menunggu realisasinya," kata Junaidi.

Sementara Syafri Daus, PSDA Provinsi Sumbar yang dihubungi harianhaluan.com, terkait kerusakan turap pengendalaian banjir di Korong Kajai tersebut, mengatakan lagi sedang rapat dengan konsultan untuk mendesain proyek pengendalian banjir, termasuk tentang perbaikan kerusakan yang di korong kajai, kata dia (*)

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]