La Nina Bisa Picu Banjir, Petani Diimbau Maksimalkan Asuransi


Rabu, 14 Oktober 2020 - 19:18:12 WIB
La Nina Bisa Picu Banjir, Petani Diimbau Maksimalkan Asuransi Ilustrasi petani

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Buat petani Indonesia yang sudah memasuki musim tanam, Kementerian Pertanian mengimbau untuk mengasuransikan lahan pertanian. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tingginya curah hujan akibat anomali iklim La Nina yang bisa menyebabkan banjir. 

Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), La Nina bisa menyebabkan curah hujan meningkat sampai 40%. Selain itu, puncak musim hujan pun diprediksi tidak berbarengan.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan anomali iklim ini bisa menjadi ancaman serius buat pertanian.

“Oleh karena itu, kita meminta petani untuk mengantisipasi kondisi ini. Misalnya dengan mengasuransikan lahan pertanian. Dengan cara ini, petani bisa terhindar dari kerugian,” tutur Mentan SYL, Rabu (13/10/2020).

Dirjen PSP Sarwo Edhy mengatakan, asuransi bisa menjadi pilihan terbaik untuk menjaga lahan.

“Anomali iklim La Nina bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya banjir yang bisa menyebabkan gagal panen. Kondisi ini bisa juga bisa menyebabkan petani merugi. Namun, hal tersebut bisa dicover asuransi pertanian,” katanya.

Sarwo Edhy mengatakan, asuransi pertanian adalah bagian dari mitigasi bencana. Dengan asuransi, lahan yang gagal panen akan diganti rugi dengan klaim.

“Klaim asuransi mengcover kerugian akibat gagal panen yang disebabkan berbagai kondisi, seperti kekeringan, banjir, serangan hama, perubahan iklim, cuaca ekstrim termasuk potensi banjir yang dipicu anomali iklim La Nina,” tuturnya.

Menurut Sarwo Edhy, untuk mengikuti asuransi pertanian petani bisa bergabung dengan kelompok tani.

“Di kelompok tani, ada banyak informasi yang bisa didapatkan seputar asuransi. Selain itu mendaftar melalui kelompok tani juga lebih mudah dan prosesnya lebih cepat,” jelasnya. (*)
 

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 26 Oktober 2020 - 08:44:19 WIB

    Buruh akan Demo Besar-Besaran, Eh Tapi kok Diralat?

    Buruh akan Demo Besar-Besaran, Eh Tapi kok Diralat? HARIANHALUAN.COM - Serikat buruh meralat soal rencana waktu aksi demo besar-besaran mereka menolak UU Omnibus Cipta Kerja. Ancaman demo besar-besaran ini berlangsung pada 2 November 2020, diubah dari pernyataan sebelumnya 1 N.
  • Senin, 26 Oktober 2020 - 08:26:45 WIB

    Anies Perpanjang Lagi PSBB Transisi DKI Jakarta

    Anies Perpanjang Lagi PSBB Transisi DKI Jakarta HARIANHALUAN.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi mulai Senin (26/10). Kebijakan ini diambil guna mengantisipasi lonjakan kasus positif infeksi virus.
  • Ahad, 25 Oktober 2020 - 21:15:42 WIB

    Punya Mimpi Jadi Presiden, Begini Janji Ahok Bila Terpilih

    Punya Mimpi Jadi Presiden, Begini Janji Ahok Bila Terpilih HARIANHALUAN.COM - Basuki Tjahaja Purnama memiliki visi-misi jika dirinya bisa menjadi orang nomor satu di Indonesia alias Presiden..
  • Ahad, 25 Oktober 2020 - 20:52:04 WIB

    Kepergian 'Sang Pemred' Moralis, Basrizal Koto: Haluan Media Grup Merasa Kehilangan

    Kepergian 'Sang Pemred' Moralis, Basrizal Koto: Haluan Media Grup Merasa Kehilangan HARIANHALUAN.COM - Pemilik Haluan Media Grup, H Basrizal Koto merasa kehilangan dengan meninggalnya (almarhum) Mohammad Moralis. Menurut Basko (sapaan akrab Basrizal, red) almarhum saat ini satu-satunya generasi pertama yang .
  • Ahad, 25 Oktober 2020 - 18:15:03 WIB

    Warga DKI Makin Malas 3M, Anies Ancam Tarik Rem Darurat

    Warga DKI Makin Malas 3M, Anies Ancam Tarik Rem Darurat HARIANHALUAN.COM - Tim FKM dari UNICEF di DKI Jakarta melakukan pengamatan perilaku 3M dan terjadi penurunan tren kepatuhan pada perilaku memakai masker dari 75% pada 12 Oktober 2020 menjadi 71% pada 24 Oktober 2020..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]