Pemko Padang Keluarkan Surat Edaran, Denda Rp2,5 Juta Jika Pelaku Usaha Nakal


Rabu, 14 Oktober 2020 - 13:53:15 WIB
Pemko Padang Keluarkan Surat Edaran, Denda Rp2,5 Juta Jika Pelaku Usaha Nakal Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian.

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Padang melalui surat edarannya pada tanggal 12 Oktober 2020 yang lalu menyatakan larangan untuk masyarakat menggelar pesta perkawinan. Tak hanya itu, Pemko Padang juga memaksimalkan pengawasannya bagi pelaku usaha. Hal tersebut dilakukan guna menekan angka penularan kasus Covid-19 di Kota Padang.

Pada surat edaran tersebut dengan Nomor.870.743/BPBD-Pdg/X/2020 menjelaskan bagi pelaku usaha seperti retoran, rumah makan, kafe, bar dan karoeke masih diperbolehkan beroperasi dengan ketentuan membatasi kapasitas kunjungan hanya 50 persen dari biasanya.

Kemudian, pada poin pernyataan surat edaran Pemko Padang itu juga menerangkan bagi pelaku usaha untuk mengutamakan layanan bawa pulang. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian mengatakan ke depannya ia akan memaksimalkan pengawasan bagi pelaku usaha yang belum menerapkan peraturan tersebut.

"Pembatasan itu sudah diberlakukan semenjak PSBB diterapkan di Kota Padang. Jadi kedepannya akan lebih diawasi lagi bagi pelaku usaha yang belum menerapkan peraturan tersebut," katanya, Rabu (14/10).

Kemudian, berdasarkan surat edaran itu juga dikatakan jika pelaku usaha melanggar ketentuan yang sudah diberlakukan maka akan mendapatkan sanksi tertulis ataupun administratif.

"Denda paling sedikit Rp 1,5 juta atau paling banyak Rp 2,5 juta," terangnya.

Peraturan tersebut nantinya akan mulai berlaku pada tanggal 9 November 2020 mendatang. Saat ditanya mengenai rencana penutupan destinasi objek wisata, Arfian mengatakan belum akan dilakukan. Ia menerangkan meskipun kasus Covid-19 di Kota Padang masih tinggi, klaster dari tempat wisata belum ditemukan. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]