4 Cara Memperbaiki Kamera HP Buram, Bisa Pakai Pasta Gigi


Rabu, 14 Oktober 2020 - 13:06:35 WIB
4 Cara Memperbaiki Kamera HP Buram, Bisa Pakai Pasta Gigi Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kecanggihan teknologi kamera HP saat ini bisa dibilang begitu jauh berkembang, bahkan bisa dikatakan hampir menyaingi kualitas jepretan kamera DSLR.

Namun, pernahkah kalian mengalami kamera HP yang semula jernih, tiba-tiba berubah menjadi buram seperti kamera HP jadul? Padahal HP kalian memiliki kamera yang kekinian dengan resolusi puluhan Megapixel. Apa yang terjadi?

Seperti dilansir dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Rabu (14/10/2020), ada beberapa penyebab serta cara mengatasi kamera HP buram agar kembali jernih seperti semula.

Penyebab Kamera HP Buram

1. Lensa Kotor

Kemungkinan penyebab kamera HP buram ialah lensa kamera yang kotor. Kaca yang melindungi kamera HP terkadang terkena sentuhan tangan kalian atau bisa juga kotor oleh debu yang masuk melalui celah-celah lensa.

2. Kerusakan Fisik

Kamera HP yang buram juga bisa disebabkan oleh kerusakan fisik dari lensa kamera itu sendiri. Hal itu bisa disebabkan bila kalian tidak hati-hati dalam menaruh HP yang kemudian berakibat tutup lensa kamera tergores benda tajam atau pun jatuh dari ketinggian.

3. Kemasukan Air

Kasus kamera yang buram karena kemasukan air ini cukup sering terjadi, pasalnya tak jarang kita harus berhujan-hujanan saat musim hujan hingga HP menjadi basah kuyub. Selain membahayakan fungsi kamera, kemasukan air dalam HP juga dapat berakibat fatal dan merusak keseluruhan fungsi perangkat.

Cara Memperbaikinya

1. Gosok tutup lensa dengan pasta gigi

Tutup lensa kamera yang tergores bisa menyebabkan kamera HP menjadi buram. Untuk mencegahnya terjadi, kamu bisa gunakan silicon atau motomo sebagai pelindung. Namun, jika sudah telanjur ada goresan pada tutup lensa kamera, bisa disiasati dengan mengoleskan sedikit pasta gigi di depan lensa, kemudian gosok secara perlahan.

Cara ini bisa menghilangkan goresan halus pada permukaan lensa luar tersebut.

Perlu diingat, pasta gigi yang digunakan yaitu pasta gigi putih, bukan yang gel. Apabila masih buram, kalian bisa gunakan cara lain, yaitu dengan mencongkel tutup lensa kamera tersebut menggunakan silet, tapi harus hati-hati.

Setelah selesai, kamu bisa menggantinya dengan tutup yang baru atau jika mau modal gratisan, bisa memakai selotip berwarna bening.

2. Bersihkan kotoran yang menempel

Kasusnya hampir sama dengan yang di atas, akibat ditaruh sembarangan, debu masuk dan menempel pada lensa dalam sehingga menyebabkan hasil kamera tidak maksimal. Selain debu, bekas sidik jari yang kotor dan menempel di lensa kamera juga bisa menyebabkan kamera jadi buram.

Untuk solusi memperbaikinya, buka casing luar sehingga terlihat lensa dalam. Kemudian tuangkan sedikit minyak kayu putih pada tisu dan gosok lensa dalam tersebut untuk mengangkat debu dari permukaan lensa.

Sedangkan untuk kasus bekas sidik jari yang kotor, kalian tinggal mengelapnya saja dari luar lensa tanpa perlu membuka tutup lensa.

3. Keringkan HP yang kemasukan air

Air yang masuk ke kamera HP tidak hanya terjadi bila HP langsung terkena air. Menaruh HP di tempat dengan kondisi yang terlalu lembap juga dapat membuat lensa kamera terisi bulir-bulir embun. Dengan demikian, akan memengaruhi hasil jepretan kamera tersebut.

Untuk solusi lensa yang sudah kemasukan air atau pun berembun, segeralah matikan HP dan lepas baterai. Kemudian keringkan dengan menjemurnya di depan kipas angin terutama pada kisi-kisi atau lubang di sisi kanan kiri agar suhu HP dapat stabil dan tidak lagi air atau embun yang tertinggal.

Atau kalian juga bisa mengubur HP ke dalam semangkuk beras untuk beberapa jam, karena beras bersifat mudah menyerap air. Tidak direkomendasikan mengeringkan HP menggunakan hairdryer, karena panas dari hairdryer dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.

4. Bawa ke servis center

Cara terakhir ini adalah cara paling ampuh bila ternyata kamera HP buram dikarenakan kerusakan fisik yang lebih spesifik di dalam perangkat. Apalagi bila HP kalian masih berada dalam masa garansi, tentunya akan mendapatkan layanan servis secara gratis dengan ditangani oleh ahli yang profesional di bidangnya. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 19 Oktober 2020 - 21:16:13 WIB

    Akses Broadband 4G LTE hingga Pelosok Negeri Kini Bukan Mimpi

    Akses Broadband 4G LTE hingga Pelosok Negeri Kini Bukan Mimpi HARIANHALUAN.COM - Telkomsel berupaya untuk memastikan pemerataan ketersediaan akses broadband di seluruh penjuru negeri yang mampu memberdayakan masyarakat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Hal tersebut pun berlaku bagi .
  • Senin, 12 Oktober 2020 - 06:41:04 WIB

    Smartphone OnePlus 8T Bakal Meluncur 14 Oktober 2020, Harganya..

    Smartphone OnePlus 8T Bakal Meluncur 14 Oktober 2020, Harganya.. HARIANHALUAN.COM - OnePlus bersiap untuk meluncurkan smartphone andalannya, OnePlus 8T. Pihak perusahaan telah mengumumkan perangkat tersebut dalam dua varian warna Aquamarine dan Lunar Silver. .
  • Selasa, 06 Oktober 2020 - 12:16:47 WIB

    Samsung Galaxy F41 Resmi Rilis, Bodinya Ada Polikarbonat

    Samsung Galaxy F41 Resmi Rilis, Bodinya Ada Polikarbonat HARIANHALUAN.COM - Samsung akan meluncurkan smartphone Galaxy F41 pada 8 Oktober mendatang pukul 17.30 waktu setempat di India. Dari teaser resminya, perangkat ini terlihat mirip dengan smartphone seri M. Di bagian belakang.
  • Selasa, 06 Oktober 2020 - 12:13:02 WIB

    Kini Kirim Uang ke Amerika Serikat Bisa Lewat Online, Ikuti 4 Langkah Ini

    Kini Kirim Uang ke Amerika Serikat Bisa Lewat Online, Ikuti 4 Langkah Ini HARIANHALUAN.COM - Sebelumnya, pengiriman uang ke Amerika Serikat itu hanya bisa dilakukan secara offline, dimana asal mau transfer uang itu terkadang perlu izin dari kantor karena bank cuma buka di hari Senin - Jumat, ada ya.
  • Ahad, 04 Oktober 2020 - 13:07:01 WIB

    WhatsApp Tambah 4 Fitur Baru, Bisa Mute Selamanya

    WhatsApp Tambah 4 Fitur Baru, Bisa Mute Selamanya HARIANHALUAN.COM - WhatsApp dilaporkan telah mendaftarkan pembaruan untuk Google Play Beta Program, yaitu versi 2.20.201.10 dengan membawa empat fitur baru, salah satunya fitur "selalu bisukan" atau mute selamanya..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]