Update Covid-19 di Mentawai, 47 Sembuh 20 Masih Dirawat


Selasa, 13 Oktober 2020 - 22:23:31 WIB
Update Covid-19 di Mentawai, 47 Sembuh 20 Masih Dirawat Lahmuddin Siregar

HARIANHALUAN.COM - Update sementara kasus Corona Virus Diasiase (Covid-19) di Kabupaten Kepulauan Mentawai hingga per hari ini 13 Oktober 2020, telah tercatat sebanyak 67 Kasus Postif, 47 sembuh dan 20 masih dirawat.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Bidang Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Mentawai Lahmuddin Siregar melalui konferensi pers, Selasa (13/10) di Aula sekretariat Daerah Mentawai. 

"Hari ini ada penambahan 1 kasus positif Covid-19 baru yaitu seorang laki-laki pegawai honor Syahbandar Sikakap, kemaren juga ada 3 Kasus 2 Pegawai Bappeda dan 1 pegawa honor Puskesmas Sikakap, jadi total kasus terkonfirmasi positif Covid di Mentawai menjadi 67 kasus," paparnya.

Ia menyebutkan 20 orang yang masih menjalani isolasi atau perawatan tersebut tersebar dibeberapa fasilitas yang disiapkan oleh satgas Covid-19 Setempat diantaranya 9 orang di RSUD Mentawai, 7 di Fasilitas khusus home stay Mapaddegat, 2 di Puskesmas Sikakap.

"Satu lagi dirawat di Aceh, dia merupakan ASN pada Dinas Pol PP dan Damkar Mentawai yang baru pindah ke Aceh dan sempat melakukan test swab di Mentawai dengan hasil Positif, sekarang diisolasi di fasilitas setempat," terangnya. 

Disamping ada penambahan kasus positif, kata Lahmuddin juga ada penambahan pasien sembuh yaitu sebanyak 7 orang, yang semula hanya 40, sekarang menjadi 47 orang, yaitu 2 orang kasus dati BPBD, 3 orang yang diisolasi di Rumah Sakit Pratama Siberut Selatan dan dua pasien sembuh yang dirawat di Puskesmas Sioban Kecamatan Sipora Selatan. 

"Jadi setelah kita perhatikan rata-rata lama perawatan untuk sembuh dari positif Covid-19 ini 8-11 Hari, atau 2 minggu, tergantung kondisi imun tubuh pasien, harapan kita semua bisa sembuh dengan cepat," imbuhnya. 

Sementara itu Ia juga meminta kepada warga agar tidak mengucilkan pasien yang dinyatakan sembuh dari positif Covid-19, apalagi kata dia ditakuti, karena pasien yang sudah dinyatakan sembuh tidak lagi menularkan virus selama tetap mematuhi protokol kesehatan. 

"Ini himbauan kita, pasien yang sudah sembuh itu tidak perlu ditakuti, apalagi sampai dikucilkan, yang paling penting sekarang mari kita saling menjaga protokol kesehatan, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan melakukan pola hidup bersih dan sehat," pungkasnya. (*)

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]