Tekan Penularan Covid-19, Pemko Padang Larang Pesta Baralek dan Batasan Pelaku Usaha


Selasa, 13 Oktober 2020 - 17:37:38 WIB
Tekan Penularan Covid-19, Pemko Padang Larang Pesta Baralek dan Batasan Pelaku Usaha Larangan Baralek

HARIANHALUAN.COM - Penularan kasus positif Corona di Provinsi Sumbar belum menunjukan angka penurunan. Beberapa waktu yang lalu juga terjadi lonjakan kasus hingga 341 orang terinfeksi Covid-19 dalam sehari di Sumbar. Tak hanya itu, Kota Padang juga menjadi daerah yang menjadi penyumbang terbanyak positif Corona.

Menanggapi hal tersebut, Pemko Padang melalui surat edarannya mengatakan bahwa untuk saat ini masyarakat dilarang mengadakan pesta perkawinan. Kemudian, bagi pelaku usaha seperti restoran dan tempat makan lainnya juga dilakukan pembatasan pengunjung. 

Hal tersebut tertuang dalam surat edaran yang dikeluarkan pada tanggal 12 Oktober 2020 kemarin dengan Nomor Surat 870.743/BPBD-Pdg/X/2020. Pada surat tersebut diterangkan, melarang mengadakan pesta perkawinan baik itu di gedung ataupun di rumah terhitung mulai tanggal 9 November 2020. Bagi masyarakat yang ingin menikah cukup melaksanakan akad nikah di KUA dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Kemudian, bagi yang melanggar dan tetap melakukan pesta perkawinan maka akan mendapatkan sanksi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Lalu, bagi pelaku usaha untuk dapat mengurangi kapasitas ruangan. Meskipun masih diperbolehkan beroperasi, dalam surat edaran itu ditegaskan untuk mengurangi 50 persen kapasitas kunjungan dan mengutamakan take away.

Jika pelaku usaha melanggar peraturan tersebut maka akan mendapatkan sanksi teguran tertulis ataupun denda administrasi paling sedikit sebesar Rp 1,5 juta dan paling banyak Rp 2,5 juta. Di akhir surat tersebut dikatakan jika angka penularan Covid-19 sudah menurun maka Pemko Padang akan meninjau kembali surat edaran itu.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]