Mahasiswa Alih Kredit Diimbau Berikan Kontribusi Positif dalam Program Kolaborasi PNP-Industri


Selasa, 13 Oktober 2020 - 13:50:21 WIB
Mahasiswa Alih Kredit Diimbau Berikan Kontribusi Positif dalam Program Kolaborasi PNP-Industri Dok PNP

HARIANHALUAN.COM - Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Surfa Yondri mengimbau mahasiswa baru Program Alih Kredit bisa menyelesaikan perkuliahan tepat 1,5 tahun karena jika tidak bisa menjadi masalah bagi kinerja lembaga, khususnya dalam menyumbang rasio kelulusan Politeknik Negeri Padang.

Demikian sambutan Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Program Alih Kredit yang digelar secara daring dengan aplikasi zoom meeting, baru-baru ini.

Pendidikan Program Alih Kredit itu salah satu alasannya dilatarbelakangi oleh permohonan alumni Politeknik Negeri Padang yang kompeten dan profesional tapi terkendala dalam promosi jabatan dan pengembangan karier karena status pendidikan yang masih level D-3.

Penyelenggaraan program ini dengan demikian tidak hanya dimaksudkan untuk memberikan pengakuan dalam besaran gaji tapi juga pengakuan secara moril di dunia kerja.

Surfa menekankan, meskipun hasil survey menunjukkan permintaan atas penyelenggaraan program ini sangat banyak, namun jika salah satu prodi saja yang ditawarkan kurang peminatnya di tahun itu, program ini bisa saja ditunda untuk tahun berikutnya. Itu sudah menjadi kesepakatan dalam rapat Pimpinan di Politeknik Negeri Padang, tegas Surfa Yondri.

“Meskipun di tempat kerja Anda memiliki posisi penting dan memiliki banyak staf, di kampus marilah kita sharing dan menerapkan simbiosis mutualisme. Selama ini PNP mendidik, mengajarkan untuk berkomitmen, meletakkan pondasi dasar ketahanan kerja, dan mengajarkan menerapkan kerja tim yang efektif, namun pengembangan ilmu, kompetensinya, dan implementasi profesional hanya didapatkan di lapangan, dunia industri. Sehubungan dengan itu, jangan sampai ada peserta Program Alih Kredit ini yang merasa diri tinggi dan tidak menerapkan komunikasi yang baik dengan para dosen. Jika pengalaman lapangan Anda memang lebih mari sama-sama kita menerapkan link and match dan membesarkan almamater ini,” demikian Direktur.

Lebih dalam, Surfa Yondri juga menekankan, Program Alih Kredit memang diselenggarakan untuk memudahkan alumni dan lulusan D-3 di dunia kerja dan memenuhi kebutuhan pasar, tapi jangan sampai kebijakan memberikan kemudahan ini jadi “dimudahkan”, karena program pendidikan yang murah ini “tidak murahan”.

Mahasiswa Baru Program Alih Kredit diharap mampu menunjang kolaborasi PNP dengan industri dalam mendukung program prioritas kolaborasi dunia kampus dengan dunia industri. Mereka diharapkan membawa sesuatu yang baik ke kampus di samping mendapatkan hal yang baik bagi pengembangan diri pribadi dan institusinya karena sebagian besar peserta ini sudah bekerja.

Direktur mendesak, setidaknya hari ini peserta sudah menunjukkan ide program sebagai topik tugas akhir mahasiswa mereka nanti dalam mengakhiri Program Alih Kredit ke Koordinator Program Studi masing-masing. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]