Sebelum Didatangkan, MUI akan ke China Cek Kehalalan Vaksin Covid-19


Selasa, 13 Oktober 2020 - 13:35:05 WIB
Sebelum Didatangkan, MUI akan ke China Cek Kehalalan Vaksin Covid-19 Ilustrasi. Net

HARIANHALUAN.COM- Delegasi MUI akan menuju China untuk melakukan pengecekan kehalalan terhadap berbagai hal terkait vaksin COVID-19.

"Rencana komisi fatwa akan lakukan pemeriksaan ke pabrik (vaksin) di China," kata Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Asrorun Niam Sholeh a, Selasa (13/10/2020).

Ia mengatakan MUI berencana ke China pada 14 Oktober 2020 untuk melakukan audit kehalalan vaksin tersebut. Biofarma sebagai BUMN farmasi di Indonesia sudah mendaftarkan sertifikasi halal vaksin COVID-19 Sinovac, dari China.

Biofarma menjalin kemitraan dengan China untuk pengembangan vaksin Sinovac tersebut. Pemerintah juga mengembangkan berbagai vaksin buatan dalam negeri dan juga pengembangan bermitra dengan negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Sebelumnya, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang juga Ketua Umum MUI nonaktif mengatakan vaksin COVID-19 memang sebaiknya halal. Sementara jika pada kenyataannya tidak halal maka bukan menjadi persoalan untuk digunakan menilik ada unsur darurat akibat infeksi virus corona jenis baru SARS-CoV-2.

Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi mengatakan Ma'ruf menegaskan kehalalan vaksin bukan persoalan utama yang akan mempersulit pendistribusian vaksin COVID-19 dari China.

"Jadi ini tidak akan menghambat apapun. Itulah yang dijelaskan oleh wakil presiden, maka jangan ada anggapan proses untuk kehalalan vaksin itu akan menghambat, karena itu sama sekali tidak menghambat," kata dia.

"Wakil presiden menjelaskan vaksin itu kalau halal ya bagus, tidak ada masalah. Tetapi kalau misalnya tidak halal ya tidak masalah karena itu dalam kondisi darurat sehingga kemudian tidak masalah dipakai. Bisa dipakai juga kalaupun misalnya dia tidak halal, karena kondisinya darurat," kata Masduki.(*)

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 17 Oktober 2020 - 08:35:39 WIB

    Jangan Lupa, Sedia Jahe Sebelum Musim Hujan

    Jangan Lupa, Sedia Jahe Sebelum Musim Hujan HARIANHALUAN.COM - Di tengah musim hujan, pasti Anda mau minum yang hangat-hangat. Salah satu minuman hangat yang cocok diminum saat musim hujan adalah wedang jahe..
  • Kamis, 24 September 2020 - 21:46:42 WIB

    Hati-hati, Ini Bahaya Tidak Sikat Gigi Sebelum Tidur

    Hati-hati, Ini Bahaya Tidak Sikat Gigi Sebelum Tidur HARIANHALUAN.COM - Anda perlu khawatir jika melupakan sikat gigi sebelum tidur. Sisa-sisa sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan yang mungkin Anda tidak menyadari "tersimpan" di dalam mulut di antara gigi Anda..
  • Senin, 21 September 2020 - 19:44:10 WIB

    Ingat Ya, Makan Sebelum Tidur Bisa Picu Mimpi Buruk

    Ingat Ya, Makan Sebelum Tidur Bisa Picu Mimpi Buruk HARIANHALUAN.COM - Mimpi buruk bisa menghampiri siapa saja. Mimpi buruk yang terus menimpa dapat mengganggu kesehatan mental Anda. Mimpi buruk umumnya terjadi pada usia anak-anak. Tapi, sekitar 50-85 persen orang dewasa melap.
  • Sabtu, 12 September 2020 - 15:58:47 WIB

    Marak Pasien Corona Makan di Restoran Sebelum Terinfeksi

    Marak Pasien Corona Makan di Restoran Sebelum Terinfeksi HARIANHALUAN.COM - Studi terbaru yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, menunjukkan orang dewasa yang terinfeksi virus Corona COVID-19 dua kali lebih mungkin pernah makan di restoran .
  • Jumat, 04 September 2020 - 21:11:27 WIB

    Kenali Ciri-ciri Kanker Payudara Ini Sebelum Terlambat

    Kenali Ciri-ciri Kanker Payudara Ini Sebelum Terlambat HARIANHALUAN.COM - Kanker payudara memang masih menjadi momok menakutkan untuk para perempuan. Apalagi jika ada benjolan pada payudara, maka diidentikan dengan kanker. Tapi benarkah demikian?.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]