PNP Akan Buka Prodi D-3 Usaha Perjalanan Wisata di Mentawai


Selasa, 13 Oktober 2020 - 13:12:48 WIB
PNP Akan Buka Prodi D-3 Usaha Perjalanan Wisata di Mentawai Direktur PNP Surfa Yondri. Ist

HARIANHALUAN.COM - Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Surfa Yondri mengatakan, perhatian dan kepercayaan yang besar juga didapatkan dari Pemerintah Kabupaten Mentawai untuk membuka Program Studi D-3 Usaha Perjalanan Wisata guna meningkatkan sumber daya manusia yang ada disana.

"Pembukaan prodi baru ini sedang dalam proses pematangan sebelum pengajuan rekomendasi dari Senat Politeknik Negeri Padang," kata Surfa Yondri, baru-baru ini.

Sementara, kerjasama pendidikan dengan Pemerintah Kota Pariaman dan Kota Padang Panjang masih dilaksanakan, di samping pengabdian kepada masyarakat oleh dosen yang mencapai seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

"PNP terus berusaha untuk mengembangkan prodi prodi baru sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta meningkatkan daya tampung prodi dan memperluas kerjasama," tutur Surfa Yondri.

Ke depan tantangan pengelolaan pendidikan tinggi vokasi menurut Direktur semakin kompleks, seiring dengan meningkatnya teknologi, kebutuhan masyarakat dan dunia industri serta regulasi pemerintah.

Untuk itu, Surfa Yondri mengajak pimpinan Politeknik Negeri Padang untuk mempersiapkan Pengelolaan Lembaga tersebut menjadi Badan Layanan Umum (BLU) sehingga pelaksanaan kegiatan di kampus bisa lebih fleksibel dan otonom.

Pada tahun 2020 ini PNP telah membuka Program Magister (S-2) Terapan untuk prodi Magister Terapan Sistem Informasi Akuntansi pada Jurusan Akuntansi. Keberadaan S-2 terapan ini melengkapi jenjang pendidikan yang diselenggarakan oleh 21 Prodi D-3 dan Prodi Sarjana Terapan /D-4, serta 11 program D-2 Program Studi Diluar Domisili (PDD).

Khusus program PDD sesuai ketentuan Pemerintah akan berakhir pada Oktober 2020 dan PNP sedang mengajukan Izin Pembukaan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) untuk Kabupaten Tanah Datar, Solok Selatan, dan Kabupaten Pelalawan Riau.

Tingginya minat untuk mendapatkan pendidikan Politeknik juga datang dari para alumni yang telah bekerja sehingga pada tahun ini PNP juga menyelenggarakan Program Alih Kredit dari D-3 ke D-4 pada 5 program studi.

"Ini juga sejalan dengan kebijakan Ditjen Vokasi dan Profesi yang membuka peluang bagi Politeknik untuk meningkatkan seluruh Prodi D-3 menjadi Program Sarjana Terapan/D-4," tukasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]