Pandemi Covid-19, Pertumbuhan GDP Kuatal II 2020 Sejumlah Negara di ASEAN Negatif


Selasa, 13 Oktober 2020 - 13:01:50 WIB
Pandemi Covid-19, Pertumbuhan GDP Kuatal II 2020 Sejumlah Negara di ASEAN Negatif Ilustrasi lifepal.co

HARIANHALUAN.COM - Hukum Okun mengungkapkan meningkatan pengangguran cenderung berkorelasi dengan rendahnya pertumbuhan GDP dan demikian pula sebaliknya. Data tersebut menunjukkan, tingkat pengangguran di negara-negara ASEAN berkorelasi dengan GDP.

Hal itu amat jelas terlihat melalui lonjakan tingkat pengangguran pada masa-masa kontraksi ekonomi, seperti pada krisis tahun 1998, di mana jika lihat mayoritas negara ASEAN mengalami krisis ekonomi ditandai dengan pertumbuhan GDP yang dibawah 0.

Di tahun yang sama, mayoritas tingkat pengangguran di negara-negara ASEAN mengalami peningkatan.

Hal serupa juga terjadi di tahun 2008, di mana beberapa negara ASEAN seperti Thailand dan Malaysia yang pertumbuhan GDP-nya di bawah 0, mengalami kenaikan tingkat pengangguran.

Bahkan di beberapa negara seperti Indonesia dan Singapura yang pada tahun 2008 hanya mengalami kontraksi ekonomi namun belum mencapai tingkat krisis, juga mengalami kenaikan tingkat pengangguran.

Di era pandemi Covid-19 ini, sejumlah negara di ASEAN memperlihatkan data GDP kuartal II 2020 yang negatif. Dengan demikian tentu saja, tingkat pengangguran di negara-negara tersebut akan meningkat.

"Negara harus menyediakan solusi dan kebijakan yang tepat untuk membantu meningkatkan kembali pertumbuhan GDP sehingga bisa menekan tingkat pengangguran," kata Head of Public Relations, Dila Karinta dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/10/2020). (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 24 Oktober 2020 - 18:25:13 WIB

    Mahfud MD Sebut Angka Kemiskinan Naik Jadi 9,7% Gegara Pandemi COVID

    Mahfud MD Sebut Angka Kemiskinan Naik Jadi 9,7% Gegara Pandemi COVID HARIANHALUAN.COM - Dampak dari pandemi virus Corona (COVID-19) membuat angka kemiskinan di Indonesia meningkat. Menko Polhukam Mahfud Md mengungkapkan angka kemiskinan di Indonesia naik menjadi 9,7%. .
  • Jumat, 16 Oktober 2020 - 06:13:45 WIB

    Deflasi di Tengah Pandemi, Simpanan Uang di Bank Tembus di Atas Rp6.500 Triliun

    Deflasi di Tengah Pandemi, Simpanan Uang di Bank Tembus di Atas Rp6.500 Triliun HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan berdampak pada perlambatan ekonomi Indonesia yang banyak ditopang oleh sektor konsumsi. Lemahnya konsumsi masyarakat menyebabkan terjadinya deflasi pada bulan Juli hingg.
  • Rabu, 14 Oktober 2020 - 23:44:24 WIB

    Merger Bank Syariah Saat Pandemi, Sudah Tepatkah?

    Merger Bank Syariah Saat Pandemi, Sudah Tepatkah? HARIANHALUAN.COM -- Penggabungan tiga bank umum syariah milik bank pelat merah oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dinilai tepat dilakukan di masa pandemi. Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) BPP Himpunan Pengus.
  • Selasa, 06 Oktober 2020 - 19:31:47 WIB

    Imbas Pandemi, 6,4 Juta Pekerja Dirumahkan dan PHK

    Imbas Pandemi, 6,4 Juta Pekerja Dirumahkan dan PHK HARIANHALUAN.COM -- Imbas Pandemi Covid-19, jutaan pekerja terpaksa dirumahkan maupun terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Menurut Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, lebih dari 6,4 juta tenaga kerja dirumahkan hi.
  • Selasa, 06 Oktober 2020 - 12:18:06 WIB

    Pandemi Covid-19, Begini Kinerja Emiten Farmasi dan Rumah Sakit

    Pandemi Covid-19, Begini Kinerja Emiten Farmasi dan Rumah Sakit HARIANHALUAN.COM - Industri farmasi dan rumah sakit menghadapi tantangan yang cukup berat di era pandemi Covid-19 seperti ini. Masyarakat yang menunda kunjungan ke rumah sakit menekan penjualan obat-obatan dan pemasukan dari .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]