'Obat Kuat' ala Presiden China Buat Lawan Corona


Selasa, 13 Oktober 2020 - 06:44:59 WIB
'Obat Kuat' ala Presiden China Buat Lawan Corona Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Saat berbagai negara berlomba mengembangkan vaksin untuk menyembuhkan pasien Covid-19, Negeri Tirai Bambu terlihat lebih sering mempromosikan pengobatan tradisional China (traditional Chinese medicine/TCM) sebagai cara untuk mengobati penyakit tersebut.

Presiden China Xi Jinping sering kali kedapatan mempromosikan pengobatan tradisional China dalam banyak kesempatan. Xi menyebutnya "harta karun ilmu pengetahuan Tiongkok kuno dan kunci arsip peradaban China", sebagaimana dilaporkan media People's Daily.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang pengobatan tradisional China, Xi juga berulang kali menggunakan konsep penyembuhan ini untuk mengelaborasi gagasan tata kelola negara dan mengutip teori TCM sebagai metafora untuk kerjasama internasional.

Dilansir dari Xinhua, Wakil Kepala Beijing University of Chinese Medicine, Wang Wei mengatakan metode pengobatan tradisional China tersebut membuahkan hasil yang positif.

Bahkan kini  telah digunakan juga di negara lain seperti Italia, Inggris, Amerika Serikat, Jepang, dan Malaysia.

Diketahui metode yang digunakan dalam pengobatan tradisional tersebut adalah dengan pembersihan dan detoksifikasi paru-paru pasien.

Pengobatan itu secara perlahan mampu menghilangkan virus yang bersarang di paru-paru.

Zhang Boli, Presiden Tianjin University, mengungkapkan bahwa kapsul dan butiran Lianhua Qingwen merupakan metode perngobatan tradisional lain yang direkomendasikan.

Pengobatan untuk Covid-19 dengan metode ini sudah mendapat persetujuan pemasaran di lebih dari 10 negara dan telah disumbangkan ke beberapa negara lain yang membutuhkan.

"Kami telah bekerja sama dengan University of Southern California pada uji klinis fase kedua dari persiapan difusi dan detoksifikasi pari-paru. Mereka menaruh perhatian pada obat dan percobaan yang telah kami capai," ungkap Zhang.

Sejumlah negara saat ini sudah mencoba mengaplikasikan pengobatan tradisional China ini sebagai penanganan utama.

Beberapa di antaranya juga mulai menggabungkannya dengan metode pengobatan modern ala barat.

Selain itu, metode pengobatan tradisional China lain yang juga dipertimbangkan adalah akupuntur.

Pengobatan dengan tusukan jarum ini dinilai mampu meredakan gejala pada pasien.

Kuo Tong Ho, Wakil Presiden Singapore Chinese Physicians' Association, mengatakan bahwa pemerintah Singapura sejak 5 Mei lalu telah mengizinkan akupuntur ala China untuk merawat pasien Covid-19.

Kuo mengatakan, model pengobatan tradisional China telah efektif dditerapkan di Singapura dan menyambut para ahli dari China untuk datang ke Singapura untuk memberi panduan.

World Federation of Acupuncture-Moxibustion Societies (WFAS) telah mengadakan setidaknya 29 kali kelas virtual untuk mempromosikan metode akupuntur sebagai alternatif pengobatan untuk Covid-19.

Semua kegiatannya juga mendapat dukungan langsung dari China Association of Acupuncture-Moxibustion dan China Association of Chinese Medicine.

Menurut National Administration of Traditional Chinese Medicine, sampai saat ini China telah membagikan cara terapi tradisional, resep obat-obatan, dan pengalaman klinis menangani Covid-19 ke lebih dari 80 negara.

Saat ini China berambisi untuk menyembuhkan lebih banyak pasien Covid-19 di seluruh dunia dengan menggunakan pengobatan tradisional asli negaranya.(*)

loading...
 Sumber : CNBCindonesia; grid.id /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 26 April 2020 - 19:18:34 WIB

    Astaga! Puluhan Orang Keracunan Gara-gara 'Obat' Corona ala Trump

    Astaga! Puluhan Orang Keracunan Gara-gara 'Obat' Corona ala Trump JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah besar warga New York menghubungi otoritas kesehatan kota karena kekhawatiran mereka setelah meminum cairan pemutih dan pembersih rumah tangga lainnya dalam 18 jam usai Donald Trump memberi.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]