BUMNag Koto Nan Tigo Lirik Peluang Jadi Distributor Pupuk Bersubsidi


Senin, 12 Oktober 2020 - 21:59:00 WIB
BUMNag Koto Nan Tigo Lirik Peluang Jadi Distributor Pupuk Bersubsidi Wali Nagari Bahagia Padanggelugur, Amri Pasaribu.

HARIANHALUAN.COM - Kelangkaan pupuk subsidi masih dikeluhkan petani. Kelangkaan pupuk itu terjadi hampir setiap tahun saat musim tanam tiba. Kondisi itu jelas menyulitkan masyarakat petani. Anehnya, pupuk bersubsidi justru banyak keluar saat petani tidak lagi membutuhkan. Malah, sebagian kios nakal sengaja menjual pupuk jatah petani ini ke pihak lain. Jikalau pun ada, harga pupuk subsidi itu dijual mahal melebihi harga eceran tertinggi (HET). 

Guna mengatasi hal tersebut, Walinagari Bahagia Padanggelugur, Amri Pasaribu berencana menjadikan BUMNag Koto Nan Tigo milik nagari itu sebagai distributor pupuk bersubsidi kepada petani setempat. "Ini untuk kepentingan masyarakat serta mencegah terjadinya kelangkaan dan penyelewengan pupuk bersubsidi ditengah masyarakat," katanya saat ditemui harianhaluan.com, Senin (12/10/2020).

Dia menyebutkan banyak manfaat jika pendistribusian pupuk kepada petani dikelola oleh BUMNag. Salah satunya, jatah pupuk untuk petani tidak akan hilang meski tidak diambil walau dalam jangka waktu lama. Sehingga ketersediaan pupuk di tengah masyarakat tetap terjaga. Konsepnya kalau di BUMNag, jatah pupuk untuk petani tidak akan hilang. 

"Lain hal dengan di kios, jatah untuk petani itu bisa hilang dalam 2 sampai 4 hari karena tidak ditebus oleh petani karena ketiadaan uang saat pupuk datang," ujarnya. 

Amri menambahkan, kesiapan BUMNag setempat jika dipercaya menjadi distributor atau penyalur pupuk bersubsidi di nagari itu. Bahkan, kata dia, rencananya itu didukung banyak pihak, termasuk masyarakat petani.  Dalam waktu dekat, BUMNag ini akan presentasi di provinsi tentang rencana jadi pilot project pendistribusian pupuk subsidi di Pasaman. 

"Rencana ini juga didukung Aleg DPRD Sumbar, Khairuddin Simanjuntak, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumbar dan legilastor kita di Senayan, Ibu Nevi Zuarina. Kita sudah bicarakan tentang hal ini," ungkap Amri. 

Dia menegaskan, BUMNag setempat tidak berencana mematikan usaha rakyat yang sudah ada. Rencana tersebut didasari atas banyaknya keluhan masyarakat soal kelangkaan pupuk bersubsidi saat masa tanam tiba.

"Saya tegaskan, upaya besar kita ini bukan untuk mematikan usaha masyarakat yang telah ada dan selama ini telah mendistribusikan pupuk kepada petani. Ini pure untuk menolong masyarakat, memudahkan mereka mendapatkan pupuk. Menjamin ketersediaan pupuk bagi mereka (petani)," tukasnya. 

Amri menjelaskan, saat ini jumlah kelompok tani (Keltan) di nagari itu sebanyak 34 keltan, dengan luas areal tanam mencapai puluhan hektar. Nagari Bahagia Padanggelugur, salah satu lumbung beras di Kabupaten Pasaman. (*)

loading...
Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 10:31:55 WIB

    Sapi Milik BUMNag Batang Campago Laris Manis

    Sapi Milik BUMNag Batang Campago Laris Manis HARIANHALUAN.COM - Usaha yang dikelola BUMNag Batang Campago, Nagari Campago Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman, mulai membuahkan hasil..
  • Senin, 03 Desember 2018 - 14:23:39 WIB

    BUMNag Sumpur Kudus Beromzet Miliaran

    BUMNag Sumpur Kudus Beromzet Miliaran SUMPUR KUDUS, HARIANHALUAN.COM - BUMNag Sumpur Kudus hadir di Expo Bumdes dan Festival Bumdes Bersama, di Bengkulu. Kehadiran BUMNag ini turut menyita perhatian masyarakat yang berkunjung ke arena hajatan tersebut. Materi kal.
  • Senin, 07 Agustus 2017 - 19:42:13 WIB

    Bank Nagari Painan Gelar Sosialiasasi, Setiap Nagari Harus Punya Bumnag

    Bank Nagari Painan Gelar Sosialiasasi, Setiap Nagari Harus Punya Bumnag PAINAN, HARIANHALUAN.COM—Bank Nagari Cabang Painan, Pesisir Selatan melakukan sosialisasi dan pelatihan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) di Pessel, di aula Bank Nagari Painan, Kamis(3/8). Kegiatan yang diikuti sebanyak 170.
  • Selasa, 30 Mei 2017 - 11:11:34 WIB

    Di Limapuluh Kota, Sudah 20 Nagari Miliki BUMNag

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Target Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota untuk mendirikan BUMNag disetiap nagari di tahun 2017 sebagai penunjang perekonomian masyarakat masih jauh dari harapan. Dari 79 nagari yang akan didirikan.
  • Senin, 14 November 2016 - 00:27:29 WIB

    Nagari Pauh Duo Nan Batigo Bentuk BUMNag

    Nagari Pauh Duo Nan Batigo Bentuk BUMNag SOLSEL, HALUAN —Peme­rin­tahan Nagari Pauh Duo Nan Batigo, Kecamatan Pauh Duo, Solok Selatan (Solsel) akan membentuk Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag). Pembentukan BUMNag tersebut dalam upaya peningkatan Penda­patan Asli.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]