Cegah Pelanggaran Pemilu, Ratusan PPK dan PPS Dibekali Kode Etik


Senin, 12 Oktober 2020 - 21:44:58 WIB
Cegah Pelanggaran Pemilu, Ratusan PPK dan PPS Dibekali Kode Etik Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi saat membuka Bimtek Kode Etik bagi Badan Adhoc Pemilu.

HARIANHALUAN.COM - Cegah pelanggaran kode etik bagi penyelenggara pemilu di Pilkada nanti, ratusan anggota Badan Adhoc (PPK dan PPS) di Kabupaten Pasaman dibekali Bimtek oleh KPU setempat. "Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dimulai Sabtu (10/10/2020) dan berakhir hari ini, Senin (12/10), bertempat di Hotel Grand Royal Denai, Bukittinggi," Ujar Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi, Senin (12/10/2020).

Dikatakan, Bimtek tersebut bertujuan untuk menjaga integritas, kehormatan, kemandirian, dan kredibilitas para penyelanggara Pemilu pada saat pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020 nanti. "Melalui bimtek ini, diharapkan seluruh PPK dan PPS se-Pasaman dapat menjaga kode etik, bebas dari praktek KKN yang kotor, serta dapat menerapkan prinsip jujur, adil, berintegritas serta berkepastian hukum," tegas Rodi.

Dia mengatakan, bahwa Bimtek kode etik dan perilaku ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, sebagai upaya bersama mencegah penyebaran Covid-19 pada penyelenggara pemilu. "Dan, kami (KPU) berkomitmen melaksanakan Pilkada berbasis pencegahan Covid-19 dengan tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan dalam setiap tahapan menuju pesta demokrasi nanti," katanya.

Sementara, Ketua Divisi Hukum KPU Pasaman, Ajriaman menambahkan, para badan Adhoc dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya agar dapat terhindar dari berbagai macam jenis pelanggaran dalam menghadapi kontestasi pilkada nanti. "Melalui kegiatan ini diharapkan PPK dan PPS bisa paham tentang pelanggaran kode etik," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]