Hikmah di Balik Pandemi, PNP Bertransformasi ke Era Digitalisasi


Senin, 12 Oktober 2020 - 06:28:47 WIB
Hikmah di Balik Pandemi, PNP Bertransformasi ke Era Digitalisasi Direktur PNP Surfa Yondri. Ist

HARIANHALUAN.COM - Politeknik Negeri Padang (PNP) mengambil hikmah positif dibalik adanya Pandemi Covid 19. Berkat datangnya wabah yang menerpa masyarakat dunia, PNP bertransformasi ke era digitalisasi.

Dengan Pandemi ini secara tidak langsung menyesuaikan diri dengan memanfaatkan teknologi, sehingga beberapa aktifitas dan kegiatan secara offline sudah bisa dilaksanakan secara online.

"Hikmah positif Pandemi ini, PNP sebagai Perguruan tinggi vokasi menjadi terus berkembang dalam hal keterampilan memakai teknologi. Secara maindset sangat terbantu dengan Pandemi. Kita bergerak terhadap pemanfaataan TI ini," kata Direktur PNP Surfa Yondri kepada media usai Dies Natalis PNP, baru-baru ini.

Lebih lanjut Surfa Yondri mengatakan, saat ini PNP Sekarang bergerak ke IOT Big Data Auto Nomose. Semua jurusan sudah membangun sistem Spada menggunakan sistem Learning Manajemen Sistem (LMS).

Dalam artian, semua perkuliahan materi yang biasanya dilakukan dengan tatap muka, sudah menggunakan sistem daring dengan kapasitas virtual meeting yang beragam. Selama ini diakui, PNP kekurangan ruangan karena sistem paket semester.

Tinggal lagi pelajaran praktek yang menjadi kendala, mengingat tidak semua praktek bisa menggunakan sistem online dimaksud. Saat ini baru sebagian praktek yang bisa menggunakan sistem online. Sementara ada beberapa praktek yang menggunakan sistem hands on.

Selama ini diakuinya, PNP kekurangan ruangan karena sistem paket semester. Tinggal lagi pelajaran praktek yang menjadi kendala, mengingat tidak semua praktek bisa menggunakan sistem online dimaksud. Saat ini baru sebagian praktek yang bisa menggunakan sistem online. Sementara ada beberapa praktek yang menggunakan sistem hands on.

"Seperti praktek di labor dan bengkel teknik mesin, tidak mungkin dilakukan secara online. Karena mahasiswa itu juga membutuhkan feeling mereka dalam berpraktek, sehingga mau tak mau dilaksanakan secara offline. Tapi kita tetap mematuhi protokol Covid-19" pungkasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]