Siap-siap Aksi 1310, PA 212 Cs akan Demonstrasi Tolak Omnibus Law


Ahad, 11 Oktober 2020 - 19:00:25 WIB
Siap-siap Aksi 1310, PA 212 Cs akan Demonstrasi Tolak Omnibus Law Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Aliansi Nasional Anti Komunis (ANAK) NKRI bakal menggelar aksi demonstrasi menolak Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja pada Selasa (13/10) mendatang. Aksi akan terpusat di Istana Negara dengan titik kumpul di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Tiga ormas besar termasuk ke dalam bagian aliansi ini, yakni Persaudaraan Alumni (PA) 212, Front Pembela Islam (FPI), dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama.

"Benar," kata Wakil Sekretaris Jenderal PA 212 Novel Bamukmin kepada CNNIndonesia.com, Minggu (11/10).

Foto Aksi 1310 beredar di media sosial. Dalam foto poster tersebut tertulis "Aksi 1310", Aksi tolak UUCiptaker/Cilaka. Lokasi aksi rencananya akan digelar di depan istana negara Selasa (13/10) pukul 13.00 WIB. Dalam poster juga terdapat sejumlah tuntutan, yakni selamatkan NKRI dan kaum buruh, tolak RUU HIP/BPIP dan bubarkan BPIP.

Novel mengatakan PA 212 merupakan bagian dari aksi tersebut. "Pelaksana Anak NKRI," katanya.

Demonstrasi menolak pengesahan Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja sudah dilakukan terlebih dahulu oleh sejumlah elemen masyarakat yang terdiri dari kalangan buruh, tani, mahasiswa, pelajar dan lain sebagainya.

Bahkan, buruh melakukan aksi mogok nasional selama tiga hari berturut-turut. Di Jakarta, demonstrasi yang digelar pada 8 Oktober 2020 kemarin sempat berujung kericuhan yang menyebabkan sejumlah fasilitas umum rusak. Selain itu, juga ada penangkapan terhadap ribuan massa aksi oleh pihak kepolisian.

Sementara itu, deklarator Kesatuan Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Din Syamsuddin menyatakan membebaskan pendukungnya untuk ikut serta dalam aksi 1310.

"Pendukung KAMI massa cair, mereka memiliki kebebasan menentukan langkah sendiri," kata dia, "Saya mendukung dan berdoa dari rumah."

Polisi belum memberikan pernyataan tentang rencana aksi 1310 tersebut.

Pemerintah sebelumnya menyatakan akan menindak tegas pelaku kericuhan yang terjadi di tengah-tengah aksi menolak Omnibus Law Cipta Kerja.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md meminta semua elemen masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan.

"Oleh sebab itu melihat perkembangan situasi itu, pemerintah mengajak mari kita semuanya menjaga kamtibmas keamanan dan ketertiban masyarakat, semua, semua harus kembali ke posisi tugas menjaga negara masing-masing, pemerintah, rakyat, masyarakat dan civil society, mari bersama-sama ke posisi masing-masing untuk menjaga keamanan masyarakat," kata Mahfud (Kamis (8/10).(*)

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 21 Oktober 2020 - 08:45:24 WIB

    Siap-siap Gigit Jari! Pelamar CPNS yang Anggota Parpol Terancam Tak Lolos Verifikasi

    Siap-siap Gigit Jari! Pelamar CPNS yang Anggota Parpol Terancam Tak Lolos Verifikasi HARIANHALUAN.COM - Proses seleksi CPNS tahun 2019 hampir selesai dan hasilnya akan diumumkan pada 30 Oktober mendatang. Namun setelah hasil seleksi diumumkan, bukan berarti nama peserta yang tertera langsung diterima bekerja .
  • Ahad, 18 Oktober 2020 - 13:59:52 WIB

    Siap-siap! UMP 2021 Bisa Lebih Rendah dari Tahun Ini

    Siap-siap! UMP 2021 Bisa Lebih Rendah dari Tahun Ini HARIANHALUAN.COM - Besaran upah minimum provinsi (UMP) tahun 2021 kemungkinan tidak naik. Hal itu berdasarkan usulan dari dialog selama tiga hari yang berlangsung 15-17 Oktober oleh Dewan Pengupahan Nasional Provinsi, Kabupat.
  • Selasa, 13 Oktober 2020 - 10:08:00 WIB

    Siap-siap! Curah Hujan di RI akan Naik Hingga 40 Persen

    Siap-siap! Curah Hujan di RI akan Naik Hingga 40 Persen HARIANHALUAN.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi fenomena La Nina akan menyebabkan curah hujan bulanan di Indonesia mengalami kenaikan 20-40 persen di atas normal. Karena itu, dalam rapat .
  • Selasa, 13 Oktober 2020 - 06:16:36 WIB

    Siap-siap Disuntik, Vaksin Covid-19 Mendarat November di RI

    Siap-siap Disuntik, Vaksin Covid-19 Mendarat November di RI HARIANHALUAN.COM - Vaksin Corona dari beberapa perusahaan akan dikirimkan mulai November 2020 mendatang. Vaksin itu merupakan produksi dari Sinovac, G42/Sinopharm dan CanSino Biologics..
  • Kamis, 01 Oktober 2020 - 07:28:10 WIB

    Siap-siap! 14 BUMN akan Dibubarkan

    Siap-siap! 14 BUMN akan Dibubarkan HARIANHALUAN.COM - Wacana BUMN dibubarkan kembali hangat. Hal itu tak lain karena Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut sebanyak 14 BUMN akan dilikuidasi atau dibubarkan melalui PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]