Sah! Perda AKB Mulai Diberlakukan di Sumbar, Bagi Pelanggar Akan Dipidana


Sabtu, 10 Oktober 2020 - 18:12:04 WIB
Sah! Perda AKB Mulai Diberlakukan di Sumbar, Bagi Pelanggar Akan Dipidana Satpol PP Padang saat razia masker dalam rangka penerapan atas pemberlakuan Perda Nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

HARIANHLAUAN.COM - Tim gabungan yang terdiri dari beberapa unsur, di antaranya Satpol PP Padang dan Sumbar, Dinas Perdagangan Kota Padang, Kepolisian, Jaksa, Hakim dan TNI untuk melaksanakan razia masker dalam rangka penerapan atas pemberlakuan Perda Nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker beraktivitas di luar rumah akan diberikan sanksi. Kedepannya, untuk sanksi pidana akan ditegakan bersama dengan tim terpadu antara lain Polisi Jaksa dan hakim,” ujar Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Sabtu (10/10/2020).

Sebelum pemberlakuan AKB tersebut, kata dia, Pol PP sendiri sejak seminggu yang lalu telah menjalankan sosialisasi, sebab sosialiasi sangat diperlukan dilakukan. Selanjutnya, akan dikenai sanksi kepada masyarakat apabila masih melanggar tidak menerapkan Protokol Kesehatan.

"Sanksi itu dijatuhkan bila sebelumnya sudah pernah dikenai sanksi administrasi. Hal itu dilakukan semata-mata supaya masyarakat patuh pada protokol kesehatan, dengan begitu potensi penyebaran COVID-19 bisa ditekan dan diminimalkan,” terangnya.

Sementara itu, Kasar Pol PP Padang Alfiadi mengatakan, untuk Kota Padang semenjak tanggal 21 September 2020 anggotanya bersama Polresta Padang sudah menegakkan Perwako nomor 49 tahun 2020 dan kepada masyarakat pun telah diganjar sanksi sosial.

"Selama patroli, telah ditertibkan sebanyak 500 orang lebih karena tidak mengunakan masker saat berada di luar rumah. Selain itu Satpol PP Padang sudah melakukan sosialisai kepada warga semenjak tanggal 1 September 2020 meskipun baru berbentuk draf," sebutnya.

Artinya, sambung Alfiadi, tinggal lagi melakukan Penindakan. Penegakan Perda ini dilakukan bersama tim di Pasar Raya Padang, karena ini menjadi lokasi pertama penegakan Perda Nomor 6 tahun 2020 di Sumbar dan akan terus dilanjutkan ke tempat-tempat yang lain.

"Tempat-tempat usaha juga telah dilakukan peneguran secara lisan hingga pemberian surat teguran. Jika pemilik usaha yang sudah kita tegur tidak juga mengindahkan atau menerapkan Protokol kesehatan, tentu kita berikan tindakan sesuai Perda nomor 6 tahun 2020 yang telah diberlakukan," tandasnya. (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 Juli 2020 - 07:00:56 WIB

    Sah! Idul Adha 1441 Hijriah Ditetapkan pada 31 Juli 2020

    Sah! Idul Adha 1441 Hijriah Ditetapkan pada 31 Juli 2020 HARIANHALUAN.COM - Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1441H hari Jum’at, 31 Juli 2020. Penetapan itu diputuskan Sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Fachrul Razi di kantor Kementerian Agama di Jakarta, Selasa (21.
  • Jumat, 17 April 2020 - 22:28:31 WIB

    Sah! Menkes Tetapkan PSBB untuk Sumatra Barat

    Sah! Menkes Tetapkan PSBB untuk Sumatra Barat PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Usulan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatera Barat telah disetujui Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto. Maka, PSBB sudah bisa diterapkan di wilayah tersebut..
  • Senin, 02 Desember 2019 - 09:54:54 WIB

    Sah! RUPSLB Tetapkan Bank Nagari Jadi Bank Syariah

    Sah! RUPSLB Tetapkan Bank Nagari Jadi Bank Syariah PADANG,HARIANHALUAN.COM- Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), PT BPD Sumatera Barat atau Bank Nagari, kini resmi telah dikonversi dari bank konvensional menjadi bank syariah..
  • Senin, 18 Desember 2017 - 18:02:28 WIB

    Sah! Iqra Chissa Pimpin Hipmi Sumbar, Bahlil : ini Sudah Konstitusional 

    Sah! Iqra Chissa Pimpin Hipmi Sumbar, Bahlil : ini Sudah Konstitusional  PADANG, HARIANHALUAN.COM – Iqra Chissa resmi pimpin Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumbar, setelah dilantik langsung oleh Ketua Umum Badan  Pengurus Pusat (BPP) Hipmi, Bahlil Lahadali.
  • Rabu, 23 Agustus 2017 - 19:42:32 WIB

    Sah! Gaji Anggota DPRD Sumbar Naik

    Sah! Gaji Anggota DPRD Sumbar Naik PADANG, HARIANHALUAN.COM-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar tetapkan Ranperda tentang pelaksanaan hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Sumbar, melalui rapat paripurna DPRD Sumbar, Rabu (23/8)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]