Ratusan Aplikasi Android yang Diunduh Jutaan Kali di Indonesia Dihapus Google


Sabtu, 10 Oktober 2020 - 07:45:35 WIB
Ratusan Aplikasi Android yang Diunduh Jutaan Kali di Indonesia Dihapus Google ilustrasi google

HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 240 aplikasi Android telah dihapus dari Play Store karena menayangkan iklan di luar konteks - melanggar ketentuan tentang iklan yang mengganggu dari Google, demikian diwartakan ZDNet pekan ini. Uniknya ratusan aplikasi ini banyak diunduh dan digunakan oleh para pemilik HP Android di Indonesia, demikian diumumkan Google.

Iklan di luar konteks atau iklan di luar aplikasi merupakan iklan di HP yang ditampilkan di luar ruang aplikasi, biasanya berupa popup atau iklan yang menguasai penuh layar gawai. Sejak Februari 2020, iklan jenis ini sudah dilarang oleh Google. Saat itu, Google menghapus 600 aplikasi karena menayangkan iklan di luar konteksi ini. Meski sudah ditindak tegas, tapi aplikasi-aplikai ini rupanya masih banyak beredar di Play Store.

Adapun penghapusan 240-an aplikasi baru-baru ini merupakan bagian dari operasi White Ops yang digelar Google. Klaster aplikasi baru ini dinamai RainbowMix oleh Google. Sebagian besar aplikasi berkaitan dengan game, sebagian adalah kloningan aplikasi lain dan rata-rata mengandung komponen berbahaya yang dikenal sebagai com.timuz.a. Komponen inilah yang bertugas menayangkan iklan-iklan di luar konteks tadi.

Ratusan aplikasi ini diunduh lebih dari 14 juta kali selama 2020 dan aktivitasnya mencapai puncak pada Agustus lalu, ketika mereka menayangkan lebih dari 15 juta impresi iklan per hari. Aplikasi-aplikasi ini banyak diunduh di Brasil (20,8 persen), Indonesia (19,7 persen), Vietnam (11 persen), Amerika Serikat (7,7 persen), Meksiko (6,2 persen), dan Filipina (5,9 persen). (*)

loading...
 Sumber : Suara.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 21:15:26 WIB

    Main Game Ini Bisa Dapat Bayaran Ratusan Juta

    Main Game Ini Bisa Dapat Bayaran Ratusan Juta HARIANHALUAN.COM - Salah satu cara untuk melepas penat saat harus bertahan di rumah karena pandemi adalah bermain PlayStation..
  • Kamis, 23 April 2020 - 07:01:28 WIB

    Kacau! Ratusan Aplikasi Android Diam-diam Curi Data Pengguna

    Kacau! Ratusan Aplikasi Android Diam-diam Curi Data Pengguna JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Investigasi terbaru dari CyberNews menyatakan ada 103 aplikasi yang dikembangkan oleh 27 pengembang aplikasi Android diduga telah menjadi sarana pencurian data. Dugaan itu muncul setelah seratu.
  • Sabtu, 04 April 2020 - 06:11:44 WIB

    Astaga! Ratusan Karyawan Dipecat Jarak Jauh Lewat Zoom

    Astaga! Ratusan Karyawan Dipecat Jarak Jauh Lewat Zoom JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pandemik virus corona membuat banyak perusahaan mengalami kesulitan, termasuk startup rental skuter listrik ini. Mereka memecat ratusan karyawan dan jadi sorotan lantaran melakukannya melalui aplik.
  • Rabu, 05 Februari 2020 - 19:27:30 WIB

    24 Aplikasi Berbahaya yang Diunduh hingga Ratusan Juta Kali

    24 Aplikasi Berbahaya yang Diunduh hingga Ratusan Juta Kali JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perusahaan pengembang aplikasi asal China, Shenzhen HAWK Internet disebut membuat 24 aplikasi jahat dan berbahaya di Android yang dapat mengunduh ratusan juta file dan beberapa di antaranya disusup.
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 11:38:41 WIB

    Gawat! Ratusan Anak di Bandung Masuk RSJ Karena Gim Online

    Gawat! Ratusan Anak di Bandung Masuk RSJ Karena Gim Online NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Orang tua harus peka dengan tingkah laku anaknya yang gemar bermain game di gadget. Jangan sampai, anak mengalami kecanduan yang berdampak terhadap kesehatan psikologisnya. .

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]