Meski Pandemi, MTQ Nasional di Sumbar Tetap Digelar November Ini


Sabtu, 10 Oktober 2020 - 06:59:11 WIB
Meski Pandemi, MTQ Nasional di Sumbar Tetap Digelar November Ini ilustrasi MTQ

HARIANHALUAN.COM - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII tetap digelar 12 sampai 21 November 2020 di Sumatera Barat. Hajat Nasional yang akan dihadiri ribuan orang dari seluruh provinsi di Indonesia itu diperkirakan berlangsung masih saat pandemi Covid-19. Pemerintah telah menetapkan Sumbar sebagai tuan rumah pelaksana MTQ ke-28 tingkat Nasional. 

Semula dijadwalkan 22 hingga 29 Agustus 2020, ditunda ke bulan November karena ada pandemi. "Pembukaan dijadwalkan pada 13 November di Stadion Nagari Sikabu, Padang Pariaman," terang Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Juraidi dikutip dari laman Kemenag, Jumat (9/10/2020).

Hingga pendaftaran MTQ Nasional ditutup pada 30 September 2020, tercatat sebanyak 1.969 peserta telah mendaftarkan diri secara daring melalui aplikasi e-MTQ dari 33 provinsi. Hanya DIY yang tidak mendaftar. Banyak cabang yang dilombakan, yakni: 

  • Seni Baca Al Quran (Tilawah Anak-anak Putra/Putri, Tilawah Remaja Putra/Putri,Tilawah Dewasa Putra/Putri dan Tartil).
  • Qiraat Sab'ah (Mujawwad Remaja Putra/Putri, Murottal Remaja Putra/Putri dan Murottal Dewasa Putra/Putri).
  • Tahfizh (Satu Juz Tilawah Putra/Putri, 5 Juz Tilawah Putra/Putri, 10 Juz Putra/Putri, 20 Juz Putra/Putri dan 30 Juz Putra/Putri).
  • Tafsir (Bahasa Arab Putra/Putri, Bahasa Inggris Putra/Putri dan) Bahasa Indonesia Putra/Putri).
  • Syarhil Quran (Grup Syarhil Quran Putra/Putri).
  • Fahmil Quran (Grup Fahmil Quran Putra/Putri).
  • Seni Kaligrafi Al Quran (Naskah Putra/Putri, Hiasan Mushaf Putra/Putri, Dekorasi Putra/Putri, Kontemporer Putra/Putri).
  • Karya Tulis Ilmiyah Al-Quran (KTIQ) Putra/Putri).

Sementara itu, untuk mencegah Covid-19, panitia pelaksana MTQ Nasional di Sumbar juga melakukan sejumlah upaya. Mulai dari menerapkan protokol kesehatan secara ketat, sejak keberangkatan peserta dari daerahnya masing-masing dan semua kafilah wajib tes swab. Meniadakan dua agenda rangkaian penyelenggaraan MTQ Nasional seperti pawai ta'aruf dan pameran (bazaar) serta membatasi jumlah penonton pada majelis-majelis musabaqah (lokasi perlombaan). (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]