Presiden Klaim UU Cipta Kerja untuk Memperbaiki Kehidupan Jutaan Pekerja


Sabtu, 10 Oktober 2020 - 06:36:59 WIB
Presiden Klaim UU Cipta Kerja untuk Memperbaiki Kehidupan Jutaan Pekerja Presiden Jokowi

HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, UU Cipta Kerja bertujuan untuk menyediakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya bagi para pencari kerja dan para pengangguran. Setiap tahun terdapat sekitar 2,9 juta penduduk usia kerja masuk ke pasar kerja, sehingga kebutuhan atas lapangan kerja baru sangat mendesak. 

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, terdapat kurang lebih 6,9 juta pengangguran dan 3,5 juta pekerja yang terdampak. DPR mengesahkan RUU Cipta Kerja nenjadi UU pada 5 Oktober. RUU usulan pemerintah itu menuai pro dan kontrak pada saat pembahasan di DPR. Setelah UU itu disahkan, kembali disambut aksi unjuk rasa buruh dan mahasiswa menolaknya.

“Pemerintah berkeyakinan, melalui UU Cipta Kerja ini jutaan pekerja dapat memperbaiki kehidupannya dan juga penghidupan bagi keluarga mereka,” kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, dikutip dari laman Setkab, Jumat (9/10/2020).

Menurut Jokowi, UU Cipta Kerja bertujuan menyediakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya, memudahkan masyarakat khususnya usaha mikro kecil untuk membuka usaha baru, serta mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi. Mendorong penciptaan lapangan kerja baru di sektor padat karya. Lapangan pekerjaan ini diperlukan karena 87 persen dari total penduduk pekerja di Indonesia memiliki tingkat pendidikan setingkat SMA ke bawah.

Pemerintah juga akan membiayai sertifikasi halal bagi UMK yang bergerak di sektor makanan dan minuman. Pembentukan perseroan terbatas atau PT juga akan dipermudah dan tidak ada lagi pembatasan modal minimum. Pembentukan koperasi dipermudah, hanya sembilan orang saja koperasi sudah bisa dibentuk. Pemberian izin kapal nelayan tangkap dipermudah dan hanya dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 20 Oktober 2020 - 12:50:08 WIB

    Wah Ahok Berimajinasi Jadi Presiden Nih, Harta Berjalannya Bikin Kaget

    Wah Ahok Berimajinasi Jadi Presiden Nih, Harta Berjalannya Bikin Kaget HARIANHALUAN.COM - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama berimajinasi menjadi Presiden. Banyak rencana yang akan dilakukan Ahok sapaan akrabnya jika terpilih menjadi orang nomor satu di Indonesia..
  • Ahad, 18 Oktober 2020 - 19:39:00 WIB

    Sampaikan Aspirasi soal Omnibus Law, MUI Temui Jokowi: Presiden Tak Berkenan Buat Perppu

    Sampaikan Aspirasi soal Omnibus Law, MUI Temui Jokowi:  Presiden Tak Berkenan Buat Perppu HARIANHALUAN.COM - Perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) rupanya sempat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyampaikan aspirasi terkait omnibus law UU Cipta Kerja. Delegasi MUI itu diterima Jokowi di Istan.
  • Kamis, 15 Oktober 2020 - 19:07:11 WIB

    Presiden Pecat Gubernur Aceh!

    Presiden Pecat Gubernur Aceh! HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian Irwandi Yusuf dari jabatannya sebagai gubernur Aceh 2017-2022..
  • Selasa, 13 Oktober 2020 - 18:52:03 WIB

    Besok, Naskah Final UU Cipta Kerja Dikirim ke Presiden Jokowi

    Besok, Naskah Final UU Cipta Kerja Dikirim ke Presiden Jokowi HARIANHALUAN.COM - Naskah final Undang-Undang Omnibus Law tentang Cipta Kerja (UU Ciptaker) akan dikirim ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rabu (14/10/2020) besok. Adapun jumlah halaman terakhir yakni 812 halaman..
  • Ahad, 11 Oktober 2020 - 12:58:41 WIB

    Jangan Gegabah Merespons Pernyataan Presiden Jokowi

    Jangan Gegabah Merespons Pernyataan Presiden Jokowi HARIANHALUAN.COM - Dosen Fakultas Hukum Monash University yang juga Rais Syuriyah PCINU Australia dan Selandia Baru Nadirsyah Hosen mengingatkan publik untuk tidak gegabah menyikapi pernyataan Presiden Jokowi yang mempersilah.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]