Ngeri! BNPB Sebut Bali Berpotensi Gempa hingga Magnitudo 8,8


Jumat, 09 Oktober 2020 - 18:17:57 WIB
Ngeri! BNPB Sebut Bali Berpotensi Gempa hingga Magnitudo 8,8 Bali berpotensi diguncang gempa besar hingga magnitudo 8,8

HARIANHALUAN.COM - Gempa besar dengan kekuatan hingga magnitudo 8,8 berpotensi terjadi di selatan Pulau Bali dan Nusa Tenggara. Warga Bali diminta waspada jika terjadi gempa.

Potensi gempa itu mengemuka dalam rapat koordinas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Denpasar, Jumat (9/10/2020).

"Kita punya ancaman di selatan Bali. Ada zonanya yang beberapa lama tidak ada gempanya, sehingga ada potensi selatan Bali dan Nusa Tenggara itu potensi magnitudo 8,8," kata Direktur Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana BNPB Dr Aam Abdul Muhari.

Dia menjelaskan, potensi gempa itu perlu diwaspadai karena gempa dengan kekuatan magnitudo 5 sampai 6 sudah terjadi beberapa kali.

Bila gempa itu terjadi, dampaknya akan sangat parah terjadi di daerah Nusa Dua dan Kuta, Kabupaten Badung, dan Sanur, Kota Denpasar.

Gempa Jakarta-Banten

"Bali itu ada lehernya di sebelah selatan, dan lehernya bisa terendam dari sisi kiri dan kanan. Tinggi tsunami di darat sekitar 4 hingga 15 meter," ucapnya.

Dia menambahkan, ketersediaan tempat evakuasi harus ditambah. Melihat kondisi populasi penduduk yang sudah padat di kawasan selatan Bali, tempat evakuasi juga harus mudah diakses dan kelihatan.

"Ketika gempa terjadi siang hari, lampu lalu lintas pasti tidak menyala sehingga akan menimbulkan kemacetan dan tidak bisa melakukan evakuasi," ujarnya. (*)

loading...
 Sumber : INews.id /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]