Masih yang Terbesar, Sektor Industri Manufaktur Sumbang 17,85% Terhadap PDB


Jumat, 09 Oktober 2020 - 12:09:05 WIB
Masih yang Terbesar, Sektor Industri Manufaktur Sumbang 17,85% Terhadap PDB Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Eko SA Cahyanto.

HARIANHALUAN.COM - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Eko SA Cahyanto memaparkan terkait sektor industri. Sektor industri ini adalah yang menopang perekonomian negara, dari sisi kontribusi terhadap Produksi Domestik Bruto (PDB).

"Industri manufaktur di semester ini saja memberikan kontrubusi sebesar 17,85 persen. Ini adalah kontribusinya yang terbesar dari seluruh sektor terhadap PDB. Tentunya terhadap perekonomian nasional," kata Eko saat membuka PKKMB Tahun Akademik 2020/2021 Politeknik ATI Padang, baru-baru ini.

Eko menyebutkan, sektor industri saat ini tetap menjadi sektor penyumbang PDB terbesar dibanding sektor lain. Meskipun saat ini sedang mengalami pandemi Covid-19.

"Kebijak PSBB yang dikeluarkan pada awal tahun meskipun menekan sektor industri tetapi sektor industri tetap menjadi penyumbang terbesar dari sisi pajak, 29 persen pendapatan pajak nasional atau sekitar Rp145 triliun berasal dari sektor ini," sebut Eko.

Eko menambahkan kebijakan PSBB kemarin juga menekan sektor industri. Ini terbukti Processing Management Indeks (PMI) sektor industri di awal tahun ini sekitar bulan April turun drastis angkanya sampai 27,5 persen. Ini salah satu yang terendah bahkan di ASEAN.

"Namun perlahan-lahan dengan berbagai insentif dan kebijakan yang dikeluarkan khususnya dari Kementerian Perindustrian sektor industri menggeliat kembali," ulas Eko.

Lebih lanjut, papar Eko, puncaknya terjadi pada bulan Agustus dengan PMI mencapai 50,8 persen. Namun bulan September kembali turun 47,2 persen karena pemberlakuan PSBB ketar sebab angka penyebaran kasus Covid-19 mulai meningkat.

Dalam kondisi seperti ini, kata Eko, Kementerian Perindustrian terus mendorong untuk melakukan aktivitas dengan mengeluarkan berbagai regulasi untuk menjaga produktivitas sektor industri di masa pandemi Covid-19.

"Salah satunya adalah mengeluarkan izin operasional dan melalukan aktivitas kegiatan industri atau biasa dikenal sebagai IOMKI," tukasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]