Sambut Mahasiswa Baru, UMSB Gelar Masta Virtual


Kamis, 08 Oktober 2020 - 14:25:00 WIB
Sambut Mahasiswa Baru, UMSB Gelar Masta Virtual Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) gelar kegiatan penyambutan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021. Ist

HARIANHALUAN.COM-Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) gelar kegiatan penyambutan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, yang dikemas dalam event Masa Ta’aruf Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (Masta UMSB 2020).

Kegiatan tahun ini digelar di Convention Hall Kampus 1 Padang, Senin (5/10/2020) dan agak berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Karena  situasi dan kondisi yang masih dalam masa pandemi, maka kegiatan kali ini digelar secara virtual.

Ketua Panitia Masta UMSB 2020 Moch Abdi, SE. MM mengungkapkan bahwa Masta kali ini diselenggarakan secara virtual bekerjasama dengan PT. Telkomsel melalui sub produk Telkomsel By U. Kerjasama ini merupakan salah satu bentuk realisasi dari penandatanganan Memorandum of Understanding antara Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dengan PT. Telkomsel yang telah dilaksanakan pada bulan agustus yang lalu.

Masta UMSB 2020 dibuka langsung oleh Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA. Dalam sambutannya  Rektor UMSB menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada orang tua dan wali mahasiswa yang telah memberikan kepercayaan kepada Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat untuk melanjutkan jenjang pendidikan anak-anak mereka ke kampus ini. 

Rektor juga menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bergabung di kampus pencerahan ini kepada segenap mahasiswa baru. Rektor juga berpesan agar mahasiswa baru sebagai bagian dari generasi bangsa mesti menjalankan proses perkuliahan ini dengan segala kesungguhan dan mengoptimalkan waktu yang dimiliki untuk aktivitas yang positif dan konstruktif.

Rangkaian kegiatan Masta UMSB 2020 diawali dengan penampilan kreatifitas berupa tari pasambahan yang dipersembahkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. 

Hadir pada pembukaan ini Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang diwakili oleh Wakil Sekretaris Majlis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Dr. Muhammad Samsudin, S.Ag., M.Pd,  Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat Dr. H. Shofwan Karim Elhusain, M.A,   Badan Pembina Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Prof. Dr. H. Rusdi A.M, Lc., M.Ag, Ketua Senat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Dr. H. Marganof, M.Pd. Direktur Pasca Sarjana, para dekan, ketua program studi, kepala tata usaha dan segenap dosen dan karyawan dilingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Pada Masta kali ini juga dilakukan Talkshow dengan menggundang Dodi Ruswandi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat, Endang Tirtana Komisaris PT. Semen Batu Raja, Novel Baswedan dari Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia, Efri Yoni Balkoeni dosen UMSB selaku moderator. Talkshow pakar ini bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa baru yang pada saat ini sedang menjalani transisi fase kehidupan dari sebelumnya menjadi siswa menuju mahasiswa.

Berikutnya kegiatan menghadirkan Wakil Rektor I UMSB memaparkan tentang sistem akademik dan pembelajaran, Wakil Rektor II memaparkan tentang sistem keuangan dan sarana prasarana penunjang perkuliahan, serta Wakil Rektor III yang memaparkan tentang kemahasiswaan, alumni, Al Islam Kemuhammadiyahn serta kerjasama.

Setelah istirahat zuhur, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan Fakultas kepada mahasiswa baru yang menghadirkan para Dekan dan Direktur, Ketua Program Studi dan dosen serta Kepala Tata Usaha dan Karyawan/ti di lingkungan Univesitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Setelah istirahat ashar, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan kelembagaan kemahasiswaan dengan menghadirkan Badan Eksekutif Mahasiswa di tingkat Universitas dan Fakultas, serta berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan penutupan yang dilakukan oleh Wakil Rektor I UMSB Dr. Wedi Nasrul. M.Si, yang dilanjutkan dengan penyerahan mahasiswa baru kepada Fakultas melalui Dekan dan Direktur. (*)

loading...
 Sumber : Rilis /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]