Boleh Dicoba, Kamera HP Bisa Digunakan untuk Deteksi Diabetes


Kamis, 08 Oktober 2020 - 07:01:51 WIB
Boleh Dicoba, Kamera HP Bisa Digunakan untuk Deteksi Diabetes Foto: Interesting Engineering

HARIANHALUAN.COM - Inovasi dalam dunia medis semakin menunjukkan peningkatan yang pesat. Peneliti dari University of California, San Francisco (UCSF) mengembangkan digital biomarker yang membuat kamera ponsel pintar dapat digunakan untuk mendeteksi diabetes.

Seperti dilansir dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Kamis (8/10/2020), diabetes diketahui menduduki salah satu posisi teratas sebagai penyebab penyakit dan kematian, serta memiliki keterkaitan erat dengan penyakit pada sistem organ yang lain, termasuk penyakit jantung koroner, gagal ginjal, kebutaan, dan stroke.  

Pengembangan biomarker ini didasarkan pada dugaan bahwa smartphone dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan pada pembuluh darah akibat diabetes dengan cara mengukur sinyal yang disebut photoplethysmography (PPG), yang umumnya mampu dilakukan oleh piranti lain seperti smartwatch dan pengukur kebugaran (fitness tracker). 

Peneliti yang terlibat dalam proyek ini menggunakan cahaya kilat (flashlight) dan kamera pada ponsel untuk mengukur PPG dengan menangkap perubahan warna pada ujung jari yang muncul bersamaan dengan tiap detak jantung. Kamera ponsel juga diyakini memiliki tingkat akurasi 80 persen.

Dalam studi yang dipublikasikan oleh Nature Medicine, peneliti UCSF memperoleh hampir 3 juta rekaman PPG dari 53.870 pasien pada Health eHeart Study yang menggunakan aplikasi Azumio Instant Heart Rate pada ponsel iPhone dan  sebelumnya telah didiagnosis diabetes oleh tenaga medis. Data yang diperoleh ini digunakan untuk mengembangkan dan membuktikan suatu algoritma deep-learning dalam mendeteksi diabetes menggunakan sinyal PPG pada ponsel.

Hasilnya, algoritma tersebut dapat mendeteksi keberadan diabetes hingga 82 persen dari jumlah keseluruhan pasien, serta ketiadaan diabetes pada 92 hingga 97 persen pasien. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]