Sukseskan Pilkada, KPU Pasaman Ingatkan 'Relasi' Jaga Integritas dan Harus Profesional


Rabu, 07 Oktober 2020 - 19:54:59 WIB
Sukseskan Pilkada, KPU Pasaman Ingatkan 'Relasi' Jaga Integritas dan Harus Profesional Komisioner KPU Pasaman, Eria Candra memukul gong saat pembukaan Bimtek Relasi.

HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 90 Relawan Demokrasi (Relasi) untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman, serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat tahun 2020 menjalani bimbingan teknis (Bimtek) kepemiluan. 

Ketua KPU Kabupaten Pasaman, Rodi Andermi mengatakan, bimbingan teknis bagi relawan demokrasi (Relasi) itu berlangsung selama tiga hari, dimulai sejak 6 - 8 Oktober 2020, bertempat di Hotel Grand Royal Denai, Bukittinggi.

"Relasi ini merupakan ujung tombak dalam menyukseskan pilkada. Diharapkan dari keberadaan 90 relawan ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih di pilkada 9 Desember 2020 nanti," pungkas Rodi saat dihubungi, Rabu (7/10/2020).

KPU Pasaman menargetkan tingkat partisipasi pemilih untuk Pilkada nanti sebesar 77,5 persen. Berbagai upaya telah dilakukan oleh KPU untuk mencapai target tersebut. Diantaranya, menggelar sosialisasi secara masif kepada masyarakat dan rekrutmen relawan demokrasi. 

"Di pilkada sebelumnya tingkat partisipasi pemilih hanya 64,8 persen. Untuk pilkada tahun ini secara nasional ditargetkan 77,5 persen," katanya. 

Untuk mencapai target itu, kata dia, dibutuhkan semangat, kerja sama tim yang kuat antar relasi serta harus memiliki inovasi yang menarik dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat. 

"Sehingga dengan cara itu akan menimbulkan animo yang tinggi dari pemilih untuk datang memberikan hak suaranya ke TPS," ujarnya. 

Rodi mengingatkan, para relasi ini agar mengedepankan integritas, profesionalitas dan tak kalah penting harus imparsial sebagai relawan demokrasi yang notabennya merupakan perpanjangan tangan KPU. 

"Sebagai relasi mereka harus memuliakan pekerjaan, bekerja dengan niat yang tulus untuk menyukseskan pilkada. Sabar dalam menghadapi tantangan dan fokus pada tujuan sebagai relasi," imbuhnya. (*)

 

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]