Bank Nagari Ajukan Penempatan Dana Program Pemulihan Ekonomi Nasional Rp250 Miliar


Rabu, 07 Oktober 2020 - 19:17:53 WIB
Bank Nagari Ajukan Penempatan Dana Program Pemulihan Ekonomi Nasional Rp250 Miliar Gusti Candra

HARIANHALUAN.COM - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumbar atau dikenal Bank Nagari mengajukan permohonan penempatan dana pemerintah di perbankan dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), sebesar Rp250 miliar. Hal ini dilakukan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi dengan menyuntikkan stimulus permodalan.

“Sejak awal Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 64/2020 muncul kami langsung mengajukan. Kami juga sudah mengajukan rekomendasi dari Gubernur Sumbar untuk menjadikan Bank Nagari sebagai mitra Pemulihan Ekonomi Nasional. Pengajuannya kami rasa Rp250 miliar cukup, karena nanti harus di leverage 2x lipat dari itu, jadi totalnya menjadi Rp500 miliar. Mudah-mudahan di bulan ini sudah ada perjanjian kerja samanya dengan Kementerian Keuangan,” kata Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari, Gusti Candra, kepada wartawan kemarin.

Diharapkan pada kuartal empat ini, Bank Pembangunan Daerah (BPD) di seluruh Indonesia bisa membantu pemerintah pusat menyalurkan dana pemulihan ekonomi nasional tersebut. “Kami sebagai BPD di samping jaringan hingga ke pelosok nagari tentunya kami juga tahu local wisdom. Kemudian cara kita berkomunikasi dengan masyarakat setempat itu bisa lebih efektif. Sehingga upaya-upaya kami membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional dengan membangkitkan sektor ekonomi prioritas tiap daerah menjadi tepat sasaran,” tambahnya.

Dana PEN yang ditempatkan oleh pemerintah juga akan disalurkan untuk program-program prioritas pemulihan ekonomi yang ditetapkan oleh pemda. Dana PEN juga dapat disalurkan untuk semua sektor yang terdampak Covid-19 dan kegiatan padat karya.

"Bunganya lebih rendah dari pada bunga komersial.  Dengan demikian geliat upaya pemulihan ekonomi bisa lebih efektif dan diakselerasi dengan lebih cepat,” ujar Gusti. (*)

loading...
Reporter : Atviarni /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 22 Oktober 2020 - 20:22:10 WIB

    DPK Perbankan Berbentuk Deposito di Sumbar Tembus Rp15,17 Triliun pada Agustus 2020

    DPK Perbankan Berbentuk Deposito di Sumbar Tembus Rp15,17 Triliun pada Agustus 2020 HARIANHALUAN.COM - Kepala Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbar, Misran Pasaribu mengungkapkan, dari Dana Pihak Ketiga (DPK) terhimpun dari masyarakat di perbankan umum pada posisi Agustus 2020 tercatat berbentuk dep.
  • Kamis, 22 Oktober 2020 - 20:19:36 WIB

    128 IJK Perbankan Beroperasi di Sumbar

    128 IJK Perbankan Beroperasi di Sumbar HARIANHALUAN.COM – Kepala Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbar, Misran Pasaribu membeberkan kondisi ekonomi terkini di daerah itu, Kamis (22/10/2020). Mulai dari kinerja industri jasa keuangan, kinerja pasar modal.
  • Rabu, 21 Oktober 2020 - 21:32:08 WIB

    Bank Nagari Cabang Payakumbuh Mulai Sosialisasikan Kredit Simamak

    Bank Nagari Cabang Payakumbuh Mulai Sosialisasikan Kredit Simamak HARIANHALUAN.COM -  Program terbaru Bank Nagari, kredit Solusi Mengatasi Masalah Keuangan (Simamak), yang baru diluncurkan pekan lalu, mulai disosialisasikan di berbagai kantor cabangnya. Program ini  merupakan skema pinjam.
  • Senin, 19 Oktober 2020 - 00:38:20 WIB

    Bank Nagari akan Biayai 1.000 Unit Rumah KPR FLPP Pada Tahun 2021

    Bank Nagari akan Biayai 1.000 Unit Rumah KPR FLPP Pada Tahun 2021 HARIANHALUAN.COM –  Sejak tahun 2015 sampai Agustus 2020, Bank Nagari telah menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan skema pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) senilai Rp180 miliar..
  • Jumat, 16 Oktober 2020 - 06:23:46 WIB

    Kenaikan Jumlah Simpanan di Bank Picu Penurunan Inflasi di Bawah 0%

    Kenaikan Jumlah Simpanan di Bank Picu Penurunan Inflasi di Bawah 0% HARIANHALUAN.COM - Adanya kenaikan yang signifikan pada simpanan di bank umum pada bulan Maret 2020, ketika Covid-19 mulai masuk Indonesia dan Agustus 2020, ketika Indonesia dibayang-bayangi ancaman resesi..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]