72 Tahun Haluan: Bangkit dan Menyongsong Perubahan (2010-Sekarang)


Kamis, 01 Oktober 2020 - 14:33:45 WIB
72 Tahun Haluan: Bangkit dan Menyongsong Perubahan (2010-Sekarang) Tepat 1 Oktober 2010, Harian Haluan resmi berganti nakhoda. Dari semula berada di bawah naungan keluarga H. Kasoema, menjadi sepenuhnya berada dalam kepemilikan Basko Group yang dipimpin oleh H. Basrizal Koto.

HARIANHALUAN.COM - Tepat 1 Oktober 2010, Harian Haluan resmi berganti nakhoda. Dari semula berada di bawah naungan keluarga H. Kasoema, menjadi sepenuhnya berada dalam kepemilikan Basko Group yang dipimpin oleh H. Basrizal Koto. Berganti kepemilikan hanya sebuah istilah. Ada misi yang lebih penting di balik semua itu; menyelamatkan Harian Haluan dari kehilangan sejarah dan nama besarnya.

Adalah Wartawan Senior Hasril Chaniago (HC) yang menjadi salah satu aktor di balik proses pengambilalihan Harian Haluan. Datang sebagai pihak yang mewakili H. Basrizal Koto, ia paham betul dengan misi yang diemban; menyelamatkan Haluan yang saat itu tengah oleng dibuai gelombang, terhuyung kesana-kemari mencari kepastian pelayaran. Sebab, jika perusahaan media ibarat kapal, pelayaran tentu tak menghendaki pelabuhan.

"Saat itu tidak sedikit pihak-pihak dari luar yang juga tertarik mengambil alih Haluan, tetapi saya berpikir, akan amat disayangkan jika Haluan harus jatuh ke tangan orang yang tidak mengerti sejarah dan peran Haluan di tengah masyarakat Minangkabau dan Sumatra Barat," ujar HC kepada Haluan.

Harian Haluan, kata HC, sejak pertama kali terbit pada 1948, telah identik dengan masyarakat Minangkabau. Oleh karena itu, sudah sewajarnya Haluan beralih nahkoda  ke orang Minangkabau yang dinilai paham dengan sejarah panjang Haluan. 

H. Basrizal Koto yang sangat menghargai sejarah serta perjuangan H. Kasoema dalam merintis dan membesarkan Haluan, dinilai Hasril sebagai pihak yang tepat untuk menjadi orang tua baru bagi surat kabar yang kini telah berusia 72 tahun itu.

"Demi menjaga identitas Haluan, Basko berkomitmen tetap mencantumkan nama H. Kasoema sebagai pendirinya. Hal ini menunjukkan motif pengambilalihan oleh Basko Group tidak semata-mata demi kepentingan bisnis, melainkan untuk menjaga kelangsungan Haluan sebagai koran bersejarah," ucap wartawan yang pernah meliput Perang Bosnia-Herzegovina itu.

Sebagai Konsultan Pengembangan Media Haluan Media Group dan Ketua Dewan Redaksi selama kurun waktu 2010-2020 ini, HC mengaku tidak menemui kesulitan apa pun saat proses pengambilalihan dan revitalisasi Haluan dilakukan. Tentu saja karena setiap tahapan proses tersebut dilalui dengan jalan kekeluargaan.

"Keluarga H. Kasoema telah memercayakan Harian Haluan ke tangan Basko Group. Sekarang menjadi tantangan bagi Basko Media Group dan segenap pengelola Haluan untuk menjaga amanah tersebut," ujar HC lagi. 

Di sisi lain, Syahrial Syam selaku keluarga H. Kasoema menyebutkan, saat kondisi perusahaan mulai pailit, hampir 75 persen biaya digunakan H. Kasoema untuk membayar pesangon para karyawan. Demi keberlanjutan Haluan, pihak keluarga sepakat menyerahkan kepemimpinan kepada pihak Basko.

“Bagi kami, Haluan adalah jiwa keluarga kami. Walau bukan pemiliknya lagi, Haluan tetap bagian dari keluarga kami. Kami pernah besar di Haluan, kami pernah berjaya di Haluan, dan kami tak ingin koran ini mati,” ujar Syahrial.

Grand Launching Haluan Media Group (HMG) pun berlangsung di Best Western Premier Basko Hotel, Padang, Senin (14/2/2010) malam yang berjalan sukses dan sangat meriah. Tiga gubernur di Sumatera pun memberikan apresiasi besar terhadap HMG dan mendorong koran tertua di Sumbar ini terbit di Jakarta atau menasional.

Dalam kesempatan itu, pemilik Basko Group, H. Basrizal Koto mengatakan, Grand Launching HMG adalah sebentuk komitmennya untuk mengembangkan dan membesarkan Haluan. Semua unit usaha di bidang media, dipisahkan dari unit usaha atau bisnis lain. Seluruh unit usaha di bidang media kemudian dijadikan satu, dengan holding company Haluan Media Group.

"Haluan merupakan koran idola saya sejak kecil. Adanya keikhlasan dari keluarga pendiri, untuk menyerahkan Haluan merupakan anugerah besar bagi saya. Makanya tidak heran, ketika ada tawaran, langsung saya ambil," katanya.

Hari ini, Haluan melalui HMG telah banyak berkembang. Haluan telah melebarkan sayap dan menjadi media multi-platform. Haluan juga aktif di berbagai ranah media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Setelah sukses meluncurkan media daring, harianhaluan.com dan Haluan TV, baru-baru ini Haluan juga kembali meluncurkan media daring yang diberi nama, hantaran.co.

Seiring perkembangan, sejak diluncurkan 1 Januari 2019, harianhaluan.com telah tumbuh jadi media online yang menjadi referensi masyarakat, tidak hanya Sumatera Barat tapi juga nasional, dengan traffic mencapai 15 juta pada momen HUT Haluan ke- 72 ini. Dengan traffic tersebut, sekarang harianhaluan.com tembus ke level media nasional dan menjadi nomor satu di luar Pulau Jawa.(*)
 

loading...
Reporter : Tim Redaksi Surat Kabar Harian Haluan /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 12 Oktober 2020 - 11:25:33 WIB

    Update Sementara 12 Oktober: Sumbar Laporkan 172 Terkonfirmasi Positif dan 70 Orang Sembuh

    Update Sementara 12 Oktober:  Sumbar Laporkan 172 Terkonfirmasi Positif dan 70 Orang Sembuh HARIANHALUAN.COM - Kasus positif di Sumbar tampaknya belum terjadi penurunan. Hari ini berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar, terjadi penambahan pasien positif sebanyak 172 orang..
  • Jumat, 02 Oktober 2020 - 09:19:47 WIB

    72 Tahun Haluan: Teguh Menjawab Tantangan Zaman

    72 Tahun Haluan: Teguh Menjawab Tantangan Zaman HARIANHALUAN.COM - Pesatnya perkembangan teknologi dalam beberapa dekade terakhir memicu kelahiran media-media dalam jaringan (daring) yang pada gilirannya membuat keberadaan media cetak perlahan-lahan mulai terpinggirkan. Na.
  • Kamis, 01 Oktober 2020 - 12:30:09 WIB

    Genap Usia 72 Tahun, Haluan Tetap Bertahan di Industri Media

    Genap Usia 72 Tahun, Haluan Tetap Bertahan di Industri Media HARIANHALUAN.COM - Tepat tanggal 1 Oktober 2020 ini surat kabar Harian Umum Haluan memperingati hari ulang tahunnya yang ke-72 tahun. Didirikan pertama kali pada tahun 1948, Harian Umum Haluan tampil menjadi surat kabar denga.
  • Kamis, 01 Oktober 2020 - 11:45:50 WIB

    72 Tahun Haluan: Hegemoni dan Jatuh Bangun (1969-2010)

    72 Tahun Haluan: Hegemoni dan Jatuh Bangun (1969-2010) HARIANHALUAN.COM - Usai dibebaskan pada 1962, H. Kasoema dan Annas Lubuk kembali bertekad untuk membangun Haluan. Namun, itu tidak mudah. Untuk kembali menerbitkan surat kabar, mereka terlebih dulu harus melewati skrining ket.
  • Kamis, 01 Oktober 2020 - 11:16:16 WIB

    72 Tahun Haluan: Perjuangan Tak Mengenal Usai (1948-1958)

    72 Tahun Haluan:  Perjuangan Tak Mengenal Usai (1948-1958) Lahir tiga tahun pasca proklamasi kemerdekaan, di tengah masa yang penuh pergolakan, mungkin tak seorang pun akan membantah bahwa Harian Haluan telah melewati banyak hal. Jatuh bangun, merasakan masa keemasan, diberangus, “.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]