Canggih, Ponsel Masa Depan akan Pakai Biometrik 3D Vena Jari


Kamis, 01 Oktober 2020 - 13:10:05 WIB
Canggih, Ponsel Masa Depan akan Pakai Biometrik 3D Vena Jari Ilustrasi pemindai sidik jari.

HARIANHALUAN.COM - Metode autentikasi biometrik telah menjadi fitur keamanan yang ramai digunakan secara luas dan praktis. Biasanya, autentikasi ini berbentuk pemindai sidik jari (fingerprint scanner) atau pemindai wajah (facial features based scanning). 

Nah, sekarang ada metode autentikasi biometrik terbaru temuan peneliti, yang dalam prosesnya melibatkan pemetaan pembuluh darah vena pada jari menggunakan cahaya dan bunyi.

"Metode autentikasi biometrik 3D dari vena di jari yang kami kembangkan ini memungkinkan terciptanya level spesifisitas dan anti-spoofing yang belum pernah ada sebelumnya. Karena tidak ada dua orang yang memiliki pola 3D vena yang sama, pemalsuan autentikasi biometrik pembuluh darah ini akan memerlukan replika 3D vena yang sama persis, yang pada dasarnya tidak mungkin dilakukan," terang Jun Xia, ketua tim riset dari University at Buffalo dilansir dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Kamis (1/10/2020).

Dengan kata lain, adalah hal yang mustahil bagi peretas mana pun untuk memalsukan pembuluh darah vena seseorang dan menembus metode autentikasi biometrik ini.

Sistem keamanan ini menggunakan photoacoustic tomography, sebuah teknik pencitraan yang memadukan cahaya dan suara, yang pertama kali dilaporkan oleh ScienceDaily.

Mula-mula, cahaya yang dipancarkan laser akan menyinari jari. Ketika mengenai vena, akan tercipta bunyi yang terdeteksi oleh detektor ultrasonik (ultrasound detector) yang menggunakan informasi tersebut untuk merekonstruksi citra 3D dari vena tersebut.

Selagi dalam pengembangan, diperkirakan dalam beberapa tahun ke depan versi miniatur dari autentikasi ini akan hadir, memberikan fitur keamanan baru yang hampir tidak mungkin tertembus. Fitur biometrik baru ini mungkin akan ditanamkan pada piranti dengan cara yang mirip dengan pemindai sidik jari.

Pada dasarnya, teknik pemindaian ini mendeteksi fitur yang tidak terlihat menggunakan 3D dan dapat digunakan untuk memberikan keamanan dan proteksi yang lebih baik untuk data pribadi dan dokumen sensitif lainnya. Teknik autentikasi biometrik dengan vena ini sebenarnya bukanlah hal yang baru, tetapi versi sebelumnya masih didasarkan pada citra 2D. 

Teknik pemindaian baru ini menambahkan kedalaman lapisan dengan citra 3D yang secara signifikan meningkatkan keamanannya sehingga semakin sulit untuk dipalsukan dan kecil kemungkinannya untuk menjadi positif palsu. Oleh karena itu, jika ada smartphone yang nantinya menggunakan fitur autentikasi biometrik ini, bisa dipastikan sistem keamanannya menjadi yang terbaik di antara smartphonegenerasi masa kini. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 12 Oktober 2020 - 06:36:06 WIB

    Canggih, Mobil Ini Bisa Berjalan Tanpa Pengemudi

    Canggih, Mobil Ini Bisa Berjalan Tanpa Pengemudi HARIANHALUAN.COM - Kendaraan tanpa pengemudi sebenarnya sudah diuji sejak sebelum adanya pandemi Covid-19. Ialah beberapa pelanggan Waymo terpilih yang berkesempatan menguji kendaraan canggih tersebut..
  • Kamis, 27 Agustus 2020 - 20:50:14 WIB

    Canggih, Alat Ini Bisa Sterilkan Barang Sehari-hari dari Virus

    Canggih, Alat Ini Bisa Sterilkan Barang Sehari-hari dari Virus HARIANHALUAN.COM - Virus Corona hingga saat ini masih mengkhawatirkan kegiatan masyarakat sehari-hari. Pasalnya, selain bertahan ditubuh manusia, virus ini pun juga diklaim bisa bertahan beberapa hari pada permukaan bara.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 10:36:20 WIB

    Super Mewah dan Canggih, Begini Spesifikasi Samsung Galaxy A41

    Super Mewah dan Canggih, Begini Spesifikasi Samsung Galaxy A41 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Samsung resmi mengumumkan smartphone terbarunya, Samsung Galaxy A41. Dikutip dari Teknologi.id (Halun Media Group), Kamis (26/3/2020), peluncuran Samsung Galaxy A41 kali ini terkesan diam-diam, p.
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 15:09:55 WIB

    Canggih, Sukhoi Su-35 Bisa Buat Suriah Hancur

    Canggih, Sukhoi Su-35 Bisa Buat Suriah Hancur JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Duta Besar Rusia di Jakarta Lyudmila Georgievna Vorobieva, mengklaim jet tempur Sukhoi buatan industri pertahanan mereka merupakan produk pesawat militer terbaik dan Indonesia tak akan rugi .

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]