Akhirnya, Kominfo Bangun Fasilitas Internet Gratis Super WiFi di Daerah Ini


Kamis, 01 Oktober 2020 - 12:54:24 WIB
Akhirnya, Kominfo Bangun Fasilitas Internet Gratis Super WiFi di Daerah Ini Dok Kominfo

HARIANHALUAN.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) tengah menyiapkan fasilitas internet gratis Super WiFi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Bedanya apa Super WiFi dengan WiFi konvensional? Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Platte, perangkat Super WiFi ini nantinya akan langsung terhubung dengan satelit dan mampu menjangkau radius hingga 500 meter, lebih luas dibanding WiFi konvensional yang hanya 50-100 meter.

"Kalau WiFi biasa itu bisanya 50 sampai 100 meter, kalau Super WiFi ini baru bisa sampai 500 meter. Satu kampung itu bisa tercover, tapi dia ada layer. Sehingga warga satu kampung di sini bisa mengakses internet langsung dari satelit," jelas Johnny dikutip dari laman resmi Kominfo RI, Kamis (1/10/2020).

Direncanakan nantinya akan ada 23 titik Super WiFi yang dibangun sebagai pilot project. 20 titik di antaranya sudah aktif, sementara 3 titik lainnya saat ini tengah dalam pemasangan.

Senada dengan Kominfo, Kepala Divisi Infrastruktur Backbone Badan Akesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Feriandi Mirza mengatakan bahwa Super WiFi merupakan teknologi WiFi yang jangkauannya lebih luas dibandingkan WiFi konvensional, namun kapasitas penggunaan Super WiFi bergantung pada jumlah kapasitas maksimal dari backhaul yang tersedia.

Sebagai informasi, backhaul adalah jaringan perantara yang menghubungkan backbone (jaringan utama) dengan pemancar.

"Kapasitas penggunaannya tergantung kapasitas backhaul. Semakin besar kapasitas backhaul-nya, maksimal penggunaannya juga akan naik," tutur Mirza.

Pendanaan proyek ini sendiri diperoleh dari Universal Service Obligation (USO). Dana ini berasal dari setoran para pelaku bisnis telekomunikasi setiap kuartal dengan besaran 1,25 persen dari pendapatan kotor.

Selain itu, BAKTI juga akan bermitra dengan dua perusahaan penyedia layanan ISP yakni Telkom dan PT. Dwi Tunggal Putra (DTP).

Sementara itu, dengan hadirnya akses internet gratis Super WiFi ini, Menteri Johnny berharap agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi digital.

"Kalau dari operator itu berbayar, yang dari Kominfo ini gratis, dibayar oleh negara melalui Kominfo. Diharapkan Super WiFi tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan ekonomi, sosial, politik, dan pertahanan," pungkas Johnny.

Nantinya jika pembangunan fasilitas internet gratis Super WiFi di Labuan Bajo ini sukses, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan membangun fasilitas serupa di wilayah lain. (*)

loading...
 Sumber : Kominfo RI /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 29 Agustus 2020 - 00:04:28 WIB

    Akhirnya, eSports Resmi Jadi Cabang Olahraga Prestasi di Indonesia

    Akhirnya, eSports Resmi Jadi Cabang Olahraga Prestasi di Indonesia HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi mengakui esports sebagai cabang olahraga prestasi di Indonesia. Pengakuan ini menandakan bahwa esports dapat ikut.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]