12 Pasien Terpapar Covid-19 Dikarantina di Gedung SKB Dharmasraya


Rabu, 30 September 2020 - 10:15:55 WIB
12 Pasien Terpapar Covid-19 Dikarantina di Gedung SKB Dharmasraya Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Dharmasraya, dr Rahmadian.

HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 12 orang pasien kasus terkonfirmasi positif virus Covid-19 di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat menjalani karantina di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di daerah itu.

"Seluruhnya adalah pasien tanpa gejala dan akan menjalani pemeriksaan medis dan uji laboratorium hingga dinyatakan negatif dengan masa karantina untuk masing-masing pasien selama 15 hari terhitung sejak hari pertama menjalani karantina," ungkap Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 setempat, dr Rahmadian, Rabu (30/9).

Dijelaskannya lebih jauh, untuk mengurangi kejenuhan dan menjaga kondisi psikis para pasien tersebut, pihaknya juga menyediakan sejumlah fasilitas olahraga raga dalam ruangan dan koneksi internet gratis.

Karena, lanjut dia, disamping melakukan upaya tindakan pemulihan secara medis, menjaga semangat dan kondisi kejiwaan pasien juga penting demi menjaga kekebalan tubuh terhadap virus tetap terjaga baik.

"Dalam menjalani aktivitas selama dikarantina, setiap pasien dan tenaga medis serta petugas lainnya tetap menjalankan standar protokol kesehatan secara ketat," jelasnya.

Menurutnya, segala upaya yang dilakukan pihaknya itu merupakan langkah untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19 bagi pasien yang positif terpapar.

Namun, lanjutnya, tindakan itu belum lah cukup jika tidak diiringi kesadaran masyarakat untuk tetap menjalankan standar protokol pencegahan penyebaran virus tersebut, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan lain sebagainya.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan dari risiko terpapar virus Covid-19, karena setiap orang memiliki tingkat kekebalan tubuh yang berbeda sementara virus tersebut bisa saja mempekuat penyakit bawaan lainnya," tutupnya.

Sebelumnya, data penanganan Covid-19 di Kabupaten Dharmasraya, dengan rincian kasus konfirmasi sebanyak 80 orang dan 52 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

Sementara untuk pemantauan terhadap riwayat kontak erat, berjumlah total sebanyak 8.258 jiwa, jumlah kasus kontak erat sebanyak 2.677 jiwa dan yang sudah selesai ditangani sebanyak 1.722 orang. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]