DPRD Mentawai Ajak Masyarakat Pahami Perda AKB


Rabu, 30 September 2020 - 10:10:59 WIB
DPRD Mentawai Ajak Masyarakat Pahami Perda AKB Ketua Komisi III DPRD Mentawai, Syafridin.

HARIANHALUAN.COM - Ketua Komisi III DPRD Mentawai, Syafridin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memahami dan mematuhi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatera Barat tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang disosialisasikan pemerintah secara masif.

"Kami selaku wakil rakyat mengajak seluruh masyarakat Mentawai untuk memahami Perda AKB, kemudian kita patuhi, tujuannya untuk kita juga memutus mata rantai penyebaran Covid-19," katanya kepada Harianhaluan.com, Selasa (29/9) di Tuapejat.

Menurutnya, Adaptasi Kebiasaan Baru adalah polah hidup yang berbeda dengan kebiasaan hidup yang normal, dimana aktivitas yang melibatkan banyak orang dibatasi, kemudian menggunakan masker setiap bepergian atau berbicara dengan orang lain, menjaga jarak, mencuci tangan serta pola hidup bersih dan sehat lainnya.

"Kita akui memang sulit untuk mengubah polah hidup normal ke adaptasi kebiasaan baru, namun demi keselamatan bersama, kita harus mematuhi protokol kesehatan ini, paling tidak menggunakan masker saat keluar dan berbicara dengan orang lain," timpalnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sat Pol PP dan Damkar Memtawai Dul Sumarno mengatakan bahwa penerapan Perda AKB di Kepulauan Mentawai dimulai dengan teguran secara lisan dan pemberian sanksi ringan membersikan lingkungan fasilitas umum.

"Kalau masih juga melanggar kita denda sesuai ketentuan dari Perda, tetapi kalau kita melihat kondisi ekonomi masyarakat Mentawai sangat sulit untuk penerapan denda, kalau pun nanti harus sidang tentu harus kita siapkan tempat atau secara virtual, tidak mungkin ke padang untuk bersidang," tukasnya.

Ia menyebutkan beberapa bulan belakangan ini pihaknya telah melakukan sosialisasi secara masif, mendatangi keramaian dan menyampaikan pesan protokol kesehatan, terutama saat ini menyampaikan pesan mematuhi Perda Adaptasi Kebiasaan Baru. (*)

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]