Debat Perdana Biden dan Trump, Akan Bahas 6 topik Ini


Rabu, 30 September 2020 - 07:59:11 WIB
Debat Perdana Biden dan Trump, Akan Bahas 6 topik Ini Joe Biden dan Donald Trump

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Debat Capres Amerika Serikat (AS) pertama antara Joe Biden dan Donald Trump  akan membahas 6 topik panas akhir-akhir ini, salah satunya mengenai pandemi Corona (COVID-19).

Dilansir CNN, Rabu (30/9/2020), moderator debat adalah Chris Wallace dari Fox News. Debat akan berlangsung malam waktu setempat di Case Western Reserve University dan Cleveland Clinic di Cleveland.

Menurut Komisi Debat Presiden, Wallace ada 6 topik yang akan dibahas dalam debat pertama. Salah satu topik yang akan dibahas yakni mengenai penanganan COVID-19, ekonomi, hingga persoalan RAS dan tindakan kekerasan di AS.

Adapun 6 topik debat perdana adalah:
- Rekam jejak Biden dan Trump
- Mahkamah Agung
- COVID-19
- Ekonomi
- RAS dan Kekerasan
- Integritas Pemilu

Setiap segmen akan berdurasi sekitar 15 menit, dan kandidat memiliki waktu dua menit untuk menjawab setelah moderator membuka setiap segmen dengan pertanyaan. Wallace mengatakan pihaknya akan menggunakan sisa waktu di segmen tersebut untuk memfasilitasi diskusi lebih lanjut tentang topik tersebut.

Moderator Debat Dilarang Periksa Fakta Trump dan Biden Selama Debat

Ketua Komisi Debat Presiden AS, Frank J. Fahrenkopf mengatakan pihaknya tidak akan menugaskan moderator debat Chris Wallace untuk memeriksa fakta Trump dan Biden selama debat berlangsung.

"Kami tidak mengharapkan Chris atau moderator kami yang lain untuk menjadi pemeriksa fakta," kata Frank kepada Kepala Koresponden Media CNN, Brian Stelter, seperti dilansir, Rabu (30/9).

"Begitu TV dimatikan, akan ada banyak pemeriksa fakta," imbuhnya.

Dia mengatakan jika salah satu kandidat mengatakan sesuatu yang tidak benar di atas panggung debat, itu adalah tugas kandidat lainnya untuk menyampaikan kekhawatiran. Dia berharap peran moderator kali ini hanya sebagai fasilitator.

"Moderator adalah fasilitator. Ketika kami memilih moderator, kami menjelaskan kepada mereka bahwa ada perbedaan besar antara menjadi moderator dalam debat dan menjadi reporter yang mewawancarai seseorang," ujar dia.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 10 Oktober 2020 - 07:59:53 WIB

    Akhirnya, Debat Donald Trump Kontra Joe Biden Batal

    Akhirnya, Debat Donald Trump Kontra Joe Biden Batal HARIANHALUAN.COM - Debat pemilu presiden Amerika Serikat (AS) yang seharusnya berlangsung 15 Oktober nanti dibatalkan. Pengumuman diberikan langsung oleh Komisi Debat Kepresidenan. Hal ini terjadi setelah Presiden petahana Do.
  • Jumat, 02 Oktober 2020 - 13:54:00 WIB

    Sempat Ejek Biden yang Pakai Masker Saat Debat Capres, Eh Sekarang Trump Positif Corona

    Sempat Ejek Biden yang Pakai Masker Saat Debat Capres, Eh Sekarang Trump Positif Corona HARIANHALUAN.COM - Sebelumnya, dalam debat capres Amerika Serikat, Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump sempat mengejek pesaingnya dari Partai Demokrat, Joe Biden yang selalu memakai masker. Tapi kini, Trump dan istrin.
  • Rabu, 30 September 2020 - 12:18:17 WIB

    Debat Trump-Biden Rusuh

    Debat Trump-Biden Rusuh HARIANHALUAN.COM - Dalam debat pertama calon presiden Amerika Serikat (AS), petahana Donald John Trump dari Partai Republik terus menyerang Joe Biden dari Partai Demokrat, terutama dalam topik pandemi virus corona (Covid-19)..
  • Kamis, 13 Agustus 2020 - 08:08:49 WIB

    Keren, Menlu Retno Marsudi  Pimpin Debat Terbuka  PBB

    Keren, Menlu Retno Marsudi  Pimpin Debat Terbuka  PBB HALUANRIAU.CO- Debat terbuka Dewan Keamanan (DK)  Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengenai "Pandemi dan Tantangan Bina Damai"   dipimpin oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]