Temuan di Solsel, Banyak ASN Berkomentar dan Like Postingan Pilkada


Selasa, 29 September 2020 - 18:02:19 WIB
Temuan di Solsel, Banyak ASN Berkomentar dan Like Postingan Pilkada Temu ramah Camat dan Wali Nagari se-Solsel bersama Pjs Bupati Jasman Rizal.

HARIANHALUAN.COM - Wali Nagari Lubuk Gadang Selatan (LGS) Kecamatan Sangir, Solok Selatan (Solsel) Arnaldo menyebut masih banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menyukai (like) dan komentar di media sosial (medsos) terkait postingan Pilkada.

Arnaldo mengungkapkan hal itu saat melakukan temu-ramah dengan Penjabat sementara (Pjs) Bupati Solsel, Jasman Rizal dengan Camat dan Wali Nagari se-Solsel di aula kantor Bupati setempat, Selasa (29/9/2020). Hal ini sesuai dalam keterangan pers Humas dan Protokol Pemkab Solsel yang diterima harianhaluan.com  

"Tolong dipantau dan ditindaklanjuti oleh pihak terkait. Terkait debat di medsos, terkadang terlihat mengkhawatirkan, terutama oleh akun-akun yang fiktif," kata Arnaldo.

Pihaknya menyarankan agar persoalan ini diperhatikan pihak terkait. "Selanjutnya Kita juga minta admin Solok Selatan Facebook bisa mengeluarkan akun-akun seperti itu," harapannya.

Selain itu, pihaknya juga sudah mengusulkan 500 Kepala Keluarga (KK) tambahan untuk mendapatkan BLT. "Mohon ini diakomodir dari dana insentif daerah yang telah kita dapatkan sebelumnya," ujarnya.

Senada, Syofyan selaku Wali Nagari Sitapus Kecamatan Sangir Batang Hari (SBH) meminta semacam surat tertulis terhadap Wali Nagari. "Tolong surati Wali Nagari untuk penegasan larangan ikut berpolitik praktis dalam Pilkada Solsel. Dan apakah boleh, Kami Wali Nagari menghadiri sosialisasi Pasangan calon (Paslon)  atau kandidat  bersama masyarakat," tanyanya.

Menanggapi itu, Pjs Bupati Solsel Jasman Rizal mengatakan, untuk akun yang fiktif dan rasanya memecah belah, maka laporkan secara bersama-sama. "Kita coba bicarakan dengan instansi terkait untuk meminimalisir hal ini," bebernya.

Kemudian, kata Jasman, Wali Nagari dilarang menghadiri sosialisasi Paslon. Menurut Jasman, ASN dan Wali Nagari baik secara langsung atau tidak langsung, jangan terlibat dukung mendukung dalam Pilkada. "Jalankan semua sesuai prosedur yang ada. Kita tidak ingin masyarakat terkotak-kotak akibat Wali Nagarinya menunjukkan keberpihakan. Sebab, ke-tiga Paslon yang maju adalah putra-putra terbaik yang kita miliki di Solsel," lanjutnya.

Terkait BLT, melalui dana DID, nanti pihaknya akan bicarakan. "Yang pasti salah satu fokus DID adalah untuk pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19 dan lainnya," katanya.

Selain itu, Jasman juga menyinggung terkait Surat edaran larangan pembelajaran tatap muka yang berlaku umum, termasuk untuk TPA atau kegiatan tahfidz. "Silakan Wali Nagari mengingatkan kepada masyarakat untuk mematuhinya," bebernya.

Selanjutnya, pihaknya akan melakukan Penguatan fungsi camat secara bertahap, termasuk dalam penanganan Covid-19 di lapangan. "Kecamatan akan diperkuat melalui dukungan anggaran nantinya. Camat dengan tugasnya 24 jam, harus senantiasa berdomisili dan tinggal di kecamatan yang dipimpin," ujarnya.

Saat ini, imbuhnya, Solsel berada dalam zona orange, dan tidak boleh lagi ada aktifitas keramaian. "Kemudian sekolah dalam bentuk tatap muka kita putuskan untuk ditutup," tuturnya.

Terakhir, pihaknya dalam waktu dekat akan menjalankan Program melakukan pengambilan Swab sebanyak-banyaknya. "Karena salah satu metode pemutusan mata rantai Covid-19 adalah segera menemukan masyarakat yang terkena Covid-19 untuk segera diisolasi. Karena hampir 90 persen diantara penderita Covid-19 itu sendiri adalah Orang Tanpa Gejala (OTG)," tutupnya. 

Dalam temu ramah itu ikut hadir, Plh. Sekda Fidel Efendi, Kadis Sosial dan PMD Zulkarnaini, Kabag Pemerintahan dan Otoda Riri Thyson, Kabag Humas dan Protokol Firdaus Firman. (*)

loading...
Reporter : Jefli Bridge /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]