NASA Bawa Toilet ke Luar Angkasa, Ini Tujuannya


Senin, 28 September 2020 - 21:04:06 WIB
NASA Bawa Toilet ke Luar Angkasa, Ini Tujuannya Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - NASA akhirnya akan meluncurkan toilet luar angkasa baru yang akan hadir minggu depan, toilet ini juga akan diuji langsung oleh para astronot.

Tak main-main, untuk membuat toilet ini, NASA mengeluarkan biaya sebesar USD 23 juta. Toilet ini memiliki Universal Waste Management System (UWMS atau sistem pengelolaan limbah universal) yang ukurannya lebih kecil dan lebih ringan dari toilet yang saat ini digunakan di stasiun luar angkasa saat ini.

Seperti dilansir dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Senin (28/9/2020), kendati ukurannya lebih kecil, toilet ini bisa mendukung kru yang lebih banyak.

Kabarnya, toilet ini akan diluncurkan ke stasiun luar angkasa dengan kapsul kargo Northrop Grumman Cygnus sebagai bagian dari pengiriman suplai yang dilakukan secara rutin pada tanggal 29 September 2020 waktu setempat.

Setelah tiba di ISS, para astronot akan menguji bagaimana kualitas toilet tersebut dengan gaya berat mikro yang ada di ISS, dipasang dekat toilet di Node 3 stasiun luar angkasa.

Pengiriman toilet ini dikawal oleh Astronot Chris Cassidy dan Ivan Vagner. Untuk menangkap pesawat Cygnus akan digunakan lengan robot Canadarm2.

Toilet ini memiliki desain yang canggih. Beberapa fiturnya adalah saluran urin dan tempat duduk yang dirancang untuk mendukung astronot perempuan. Ada juga pemisah kipas dari titanium yang menghasilkan aliran udara yang kuat. Urin dan limbah yang dihasilkan akan disimpan sebelum diproses dan didaur ulang.

Pesawat Cygnus juga mengangkut berbagai kebutuhan bagi astronot sampai keperluan penelitian.

Cygnus akan terbang dari Pelabuhan Antariksa Regional Atlantik Tengah di Fasilitas Penerbangan Wallops NASA di Virginia, Amerika Serikat. Pesawat ini dinamai untuk menghormati Astronot Kalpana Chawla, salah satu dari 7 astronot yang tewas pada tahun 2003 pada tragedi pesawat ulang-alik Columbia. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 02 Oktober 2020 - 13:30:01 WIB

    Bukan Hanya SLS, NASA Juga Akan Kirim Astronot Perempuan Pertama ke Bulan

    Bukan Hanya SLS, NASA Juga Akan Kirim Astronot Perempuan Pertama ke Bulan HARIANHALUAN.COM - National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengumumkan dilaman resminya, bahwa mereka akan meluncurkan rencana Artemis dengan mendaratkan astronot wanita pertama dan astronot pria berikutnya di .
  • Ahad, 23 Agustus 2020 - 20:57:07 WIB

    Bumi Bakal Diserang Asteroid, NASA Peringatkan Dampaknya

    Bumi Bakal Diserang Asteroid, NASA Peringatkan Dampaknya HARIANHALUAN.COM - Pusat Studi Objek Dekat Bumi di Laboratorium Propulsi Jet NASA memprediksi bahwa sehari sebelum pemilihan presiden tepatnya pada 2 November 2020 mendatng akan ada asteroid yang meluncur ke bumi..
  • Sabtu, 22 Agustus 2020 - 20:06:14 WIB

    NASA Akan Berburu Planet Palsu dengan Teleskop Baru

    NASA Akan Berburu Planet Palsu dengan Teleskop Baru HARIANHALUAN.COM - Badan Antariksa AS (NASA) memiliki sebuah misi dapat menemukan lebih banyak planet palsu di luar angkasa yang tidak mengorbit matahari di masa mendatang. Pencarian planet palsu ini akan dilakukan menggunaka.
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 06:58:45 WIB

    Penasaran Harga Samsung Galaxy Watch 3? Ini Bocorannya

    Penasaran Harga Samsung Galaxy Watch 3? Ini Bocorannya HARIANHALUAN.COM - Untuk kamu yang ingin memiliki Samsung Galaxy Watch 3, berbahagialah. Setelah gelaran Samsung Galaxy Unpacked Rabu (5/8) lalu, Galaxy Watch 3 secara resmi diboyong ke pasar Indonesia..
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 12:18:32 WIB

    Penasaran Siapa Saja yang Kepoin Profil WhatsApp Kamu? Begini Caranya

    Penasaran Siapa Saja yang Kepoin Profil WhatsApp Kamu? Begini Caranya HARIANHALUAN.COM - Di era modern ini pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi WhatsApp? Bahkan tak hanya digunakan kalangan anak muda, tapi juga merambah genarasi old..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]