Nyoman Shuida Beberkan Senjata Ampuh Lawan Covid-19, Mau Tahu?


Senin, 28 September 2020 - 20:15:50 WIB
Nyoman Shuida Beberkan Senjata Ampuh Lawan Covid-19, Mau Tahu? Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Nyoman Shuida. Dok Kemenko PMK

HARIANHALUAN.COM - Kebugaran tubuh penting untuk terus dijaga. Menjaga kebugaran bisa dengan banyak cara, seperti dengan mengonsumsi vitamin, jamu herbal, dan berolahraga. Pentingnya menjaga kebugaran juga berpengaruh pada imunitas tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Apalagi, di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, kebugaran menjadi senjata utama untuk mengalahkan virus.

Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Nyoman Shuida mengatakan, peran dan kontribusi Federasi Olahraga Rekreasi Dan Masyarakat Indonesia (FORMI) untuk mewujudkan masyarakat sehat dan bugar harus ditingkatkan ditingkatkan. 

Hal itu dikatakannya saat memberikan sambutan mewakili Menko PMK Muhadjir Effendy pada Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Federasi Olahraga Rekreasi Dan Masyarakat Indonesia (FORMI), serta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Komite Olahraga Rekreasi Dan Masyarakat Indonesia (KORMI) tahun 2020, dilansir dari Kemenko PMK RI, Senin (28/9).

"Seluruh elemen masyarakat telah menunjukan komitmennya untuk bersama-sama memerangi Covid-19 dengan porsinya masing-masing. Saya kira peran dan kontribusi FORMI harus ditingkatkan mengingat kebugaran adalah senjata yang ampuh untuk melawan Covid-19," jelasnya.

Menurut Nyoman, peran FORMI juga dibutuhkan dalam hal integrasi pembudayaan olahraga sebagai bagian dari upaya peningkatan kesehatan masyarakat. Nyoman mengatakan, upaya pencegahan akan jauh lebih murah ketimbang beban pengobatan yang ditanggung oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Lebih lanjut, dia menerangkan, pemerintah saat ini juga sudah mengembangkan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) yang menjadi salah satu agenda penting pemerintah dalam kaitan upaya perwujudan masyarakat yang sehat dan bugar. 

"Upaya ini sangat komprehensif, tidak hanya terkait dengan olahraga, namun juga dengan konsumsi makanan sehat, dan bahkan membangun budaya hidup sehat. Sehingga GERMAS akan berhasil jika ada peran kontribusi seluruh pihak terkait untuk berkolaborasi dalam visi dan tujuan yang sama, Indonesia sehat dan bugar," terangnya.

Sebagai lembaga yang memfokuskan pada penguatan olahraga di masyarakat, Deputi Nyoman mengatakan, FORMI sudah banyak melakukan terobosan, diantaranya upaya penguatan kelembagaan dengan berubah menjadi KORMI (Komite Olahraga Rekreasi dan Masyarakat Indonesia). Kemudian melakukan pendataan keanggotaan secara digital yang dapat memberikan panduan kepada para anggota untuk terus aktif dan bugar. 

"Saya sangat mengapresiasi terobosan tersebut, semoga FORMI atau KORMI kedepan nanti bisa memberikan kontribusi yang lebih besar dan semakin konsisten," pungkas Nyoman. (*)

loading...
 Sumber : Kemenko PMK RI /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]