Pembangunan Nagari di Sumbar Diklaim Sudah Tepat Sasaran


Senin, 28 September 2020 - 18:13:08 WIB
Pembangunan Nagari di Sumbar Diklaim Sudah Tepat Sasaran Nagari. IST

HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyebutkan, bahwa pemerintah provinsi dan kabupaten kota jauh dari Nagari. Seharusnya Walinagari dan Kepala Desa bisa menyatu dengan masyarakat serta berbaur dengan masyarakat setempat.

"Bangun komunikasi terus, jangan tinggalkan mereka, karena masyarakat yang memilihnya,” ujar Irwan, belum lama ini.

Irwan menambahkan, dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan Desa dan kawasan Pedesaan berkelanjutan sesuai dengan Peraturan Menteri Desa (PDT), dan transmigrasi Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 tentang Indeks Pembangunan Desa (IDM).

"Bahwa IDM disusun untuk mendukung upaya pemerintah dalam menangani pengentasan desa yang sangat tertinggal serta meningkatkan desa mandiri," ucap Irwan.

Menurut Irwan, dari data IDM ini bertujuan untuk memantapkan status dan kemandirian desa, kemudian menyedikan data dan informasi dasar bagi pembangunan desa, data ini kita pakai agar perencanaan pembangunan ditingkat Kabupaten/Kota.

“Kita yakin dan percaya bahwa pelaksanaan pembangunan di Desa/Nagari akan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ulas Irwan.

Dapat diketahui semua peran dari Nagari/Desa terhadap masyarakat, bahkan disebut sebagai ujung tombak, sebagai garda terdepan memberikan pelayanan kepada masyarakat ada di Nagari ataupun Desa.

“Hal demikian sudah kita ketahui semuanya Nagari atau Desa punya peran melaksanakan pemerintahan umum yang terdepan untuk mengurus masyarakat.

Lebih lanjut, kata Irwan, nagari menentukan kabupaten kota IDM nya, kalau nagarinya mandiri kota kabupatennya pasti mandiri, kemudian kumpulan dari nagari tertinggal maka kabupatenyapun tertinggal jadi itulah peran yang luar biasa untuk mengangkat status dengan memenuhi Indikator-indikator yang ada.

"Agar dari sangat tertinggal menjadi tertinggal, dari tertinggal menjadi berkembang lalu berkembang menjadi maju dan berikutnya menuju kemandirian,” ungkap Irwan. (*/Hms-Sumbar)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]