Gubernur: Nagari Ujuk Tombak Memberikn Pelayanan ke Masyarakat


Senin, 28 September 2020 - 18:06:22 WIB
Gubernur: Nagari Ujuk Tombak Memberikn Pelayanan ke Masyarakat Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Ist

HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan semua peran dari Nagari/Desa terhadap masyarakat, bahkan disebut sebagai ujung tombak sebagai garda terdepan memberikan pelayanan kepada masyarakat ada di Nagari ataupun Desa.

"Hal demikian sudah kita ketahui semuanya Nagari atau Desa punya peran melaksanakan pemerintahan umum yang terdepan untuk mengurus masyarakat," kata Irwan, beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Irwan mengucapkan terimaksih banyak para walinagari/Desa yang bekerja pagi siang yang aktif 24 jam. Nagari adalah ujung tombak dalam rangka melaksanakan pemerintahan diantaranya pelayanan masyarakat.

"Dengan adanya rapat koordinasi klasifikasi desa membangun diberharap agar nagari tertinggal dan sangat tertinggal di Sumatera Barat dapat dientaskan menjadi Nagari maju dan mandiri," ujar Irwan.

Menurut Irwan, ketinggalan atau under developmen baik daerah maupun masyarakat merupakan kenyataan sekaligus problematika pembangunan di Indonesia. Ketinggalan tersebut merujuk pada tiga aspek yaitu alamiah, cultural/budaya dan struktural.

"Untuk aspek alamiah dapat disebabkan oleh kelangkaan Sumber Daya Alam (SDA) dan posisi geografis yang tidak menguntungkan, Sumbar Daya Manusia (SDM) tidak mendukung perkembangan karena rendahnya kualitas, aspek kultural akibat aspek kultur,” tukasnya. (*/Hms-Sumbar)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]