Mahasiswa Peserta XLFL Ciptakan Belasan Solusi Berbasis IoT Bernilai Komersil


Ahad, 27 September 2020 - 14:01:28 WIB
Mahasiswa Peserta XLFL Ciptakan Belasan Solusi Berbasis IoT Bernilai Komersil Para mahasiswa peserta program XL Future Leaders (XLFL) saat ini tengah merampungkan belasan proyek Internet of Thing (IoT).

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Para mahasiswa peserta program XL Future Leaders (XLFL) saat ini tengah merampungkan belasan proyek Internet of Thing (IoT) yang bernilai komersil.

Ada 18 proyek IoT yang semuanya telah memiliki prototipe dan masuki tahap uji coba lapangan. Bahkan sebagian besar di antaranya sudah mendapatkan calon pengguna yang akan mengaplikasikan proyek tersebut untuk mendukung produktivitas bisnis atau usahanya.

Dimulai sejak Januari 2020 lalu, diharapkan semua proyek sudah siap implementasi pada November 2020. Kini, proyek IoT menjadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa XLFL.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, Proyek IoT ini tugas wajib bagi mahasiswa XLFL angkatan ke-7 dan menjadi syarat kelulusan.

"Dengan mengerjakan tugas IoT ini, para mahasiswa juga mendapatkan pengalaman riil yang sangat langka, yang tidak setiap sejawatnya bisa mendapatkan kesempatan ini. Proyek IoT menjadi syarat kelulusan mahasiswa XLFL angkatan ke-7 ini," jelasnya.

Feby menambahkan, proyek-proyek IoT karya mahasiswa tersebut menyasar pada lima bidang bisnis, yaitu smart building, smart city, agrikultur, kelautan, transportasi dan logistik.

Saat ini, semua proyek telah memasuki pengembangan prototipe dan market validation.

Para mahasiswa kreatornya sudah melalui tahap awal seperti pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar dari Revolusi Industri 4.0, IoT, dan pengembangan bisnis. Mereka juga sudah melalui tahap survey pasar dan proposal proyeknya juga sudah lolos untuk dibuat.

“Pada saat mereka mengusulkan ide proyek yang akan dikembangkan, mereka diwajibkan untuk mengobservasi calon pengguna dari ide mereka. Dengan demikian, proyek yang dikembangkan benar-benar menjawab kebutuhan dan mengarah ke komersial. Karena itu tidak mengherankan jika saat ini hampir semua proyek sudah ada calon penggunanya dan bahkan sudah ada yang ikut terlibat dalam pengembangan proyeknya,” tutur Feby.

Dalam menggarap proyek IoT, para mahasiswa XLFL mendapatkan bimbingan dari X-Camp, laboratorium pengembangan IoT pertama di Asia Tenggara yang disertifikasi oleh GSMA dan dimiliki XL Axiata.

Pengembangan proyek-proyek mahasiswa XLFL tersebut juga melibatkan tim IMDP (IoT makers Development Program)sebagai tim pengembang. Tim IMDP ini sendiri terdiri dari puluhan mahasiswa non XLFL yang berasal dari beberapa kampus. Mereka merupakan peserta program khusus pengembangan IoT.

loading...
Reporter : Yessi Yeswita /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 23 Oktober 2020 - 18:50:27 WIB

    Mahasiswa UIN IB Lakukan Sosialisasi di Salido Saribulan

    Mahasiswa UIN IB Lakukan Sosialisasi di Salido Saribulan HARIANHALUAN.COM - Mahasiswa Universitas Islan Negari (UIN) Imam Bonjol Padang melaksanakan kegiatan sosialiasi dan penyemprotan rumah warga dengan disenfektan, tentang bahaya penularan virus Covid-19 di Nagari Salido Saribul.
  • Rabu, 21 Oktober 2020 - 16:38:51 WIB

    Ratusan Mahasiswa Demo ke DPRD Tanah Datar

    Ratusan Mahasiswa Demo ke DPRD Tanah Datar HARIANHALUAN.COM - DPRD Tanah Datar kembali menjadi sasaran aksi unjukrasa Aliansi Mahasiswa Tanah Datar, Rabu (21/10/2020. Aksi oleh sekitar 100 mahasiswa gabungan perguruan tinggi kali ini, berbeda dengan aksi unjuk rasa se.
  • Jumat, 16 Oktober 2020 - 17:39:45 WIB

    Gedung DPRD Dilingkar Kawat Berduri, Ratusan Mahasiswa di Pasbar Demo di Luar

    Gedung DPRD Dilingkar Kawat Berduri, Ratusan Mahasiswa di Pasbar Demo di Luar HARIANHALUAN.COM - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa Pasaman Barat untuk kedua kalinya demo ke kantor DPRD setempat Jumat (16/10). Namun, unjuk rasa tentang UU Cipta Kerja (Omnibuslaw) kali ini terpaksa.
  • Rabu, 14 Oktober 2020 - 22:09:57 WIB

    Bawaslu Pasaman Barat Ajak Media dan Mahasiswa Awasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020

    Bawaslu Pasaman Barat Ajak Media dan Mahasiswa Awasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 HARIANHALUAN.COM -- Jalankan fungsi pengawasan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) ajak partisipasi media dan mahasiswa agar ik.
  • Selasa, 13 Oktober 2020 - 22:03:54 WIB

    Tolak RUU Ciptaker, Aliansi Mahasiswa Pessel Orasi di Gedung DPRD

    Tolak RUU Ciptaker, Aliansi Mahasiswa Pessel Orasi di Gedung DPRD HARIANHALUAN.COM - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pesisir Selatan (AMP) mendatangi Kantor DPRD Pesisir Selatan. Mereka melakukan aksi damai guna menyampaikan orasinya untuk menolak RUU Cipta kerja (O.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]