DLH Sumbar Berharap Alat Pengolahan Sampah Bisa Gerakkan Ekonomi Masyarakat


Ahad, 27 September 2020 - 12:54:37 WIB
DLH Sumbar Berharap Alat Pengolahan Sampah Bisa Gerakkan Ekonomi Masyarakat Kepala DLH Sumbar, Siti Aisyah saat menerima alat pengolahan sampah dari PT. PLN Teluk Sirih.

HARIANHALUAN.COM - Dasawisma Dahlia 1 di Kota Bukittinggi binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar mendapatkan perhatian dari pihak BUMN. Perhatian itu berupa 20 paket alat pengolahan sampah, yakni tempat sampah terpilah, tempat sampah (residu), komposter, dan solar biodigister.

Manajer Keuangan SDM Administrasi  PT PLN Persero Teluk Sirih, Benny Frima berharap Dasawisma Dahlia 1  dapat memanfaatkan bantuan peralatan pengolahan sampah seoptimal mungkin.

"Diharapkan bantuan tersebut dapat memberikan manfaat dalam mengatasi permasalahan sampah, sekaligus dapat meningkatkan ekonomi keluarga," harap Benny, kemarin.

Menurut Benny, keberhasilan Dasawisma Dahlia 1 dalam memanfaatkan bantuan tersebut, sangat erat kaitannya dengan upaya peningkatan dana bantuan PT PLN Persero Teluk Sirih pada masa mendatang, khususnya alat pengolahan sampah.

Kadis DLH Sumbar, Siti Aisyah menyampaikan agar Dasawisma Dahlia 1 dapat memanfaatkan alat pengolahan sampah yang diberikan sebaik mungkin. Diharapkan Dasawisma Dahlia 1 dapat menjadi contoh dan pelopor dalam pengolahan sampah melalui berbagai kegiatan kreatif bernilai ekonomi yang dapat meningkatkan ekonomi keluarga. 

"Kelompok-kelompok yang kreatif ke depannya akan diarahkan dan dikembangkan menjadi Kampung Keratif, hendaknya Dasawisma Dahlia 1 sebagai pelopornya," kata Siti.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Bukittinggi Ny. Yessi Endriani Ramlan Nurmantias menyampaikan, Dasawisma Dahlia 1 dapat menjadi penggerak peningkatan ekonomi masyarakat. Diharapkan tetap konsisten menanam tanaman pertanian yang tidak hanya untuk kebutuhan sendiri, namun dapat dijual sebagai panambah income keluarga. 

"Saya menaruh harapan besar kepada DLH Provinsi Sumbar ke depannya dapat terus memfasilitasi bantuan-bantuan dari BUMN dan BUMD terkait peralatan pengolahan sampah.  Disampaikan bahwa terdapat sekitar 1300 Dasawisma yang ada di Kota Bukittinggi, artinya masih banyak Dasawisma yang membutuhkan alat pengolahan sampah," tukasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]