Adem Sari, Janda, Kawin, Salah, Males: Nama Pesepakbola yang Bikin Geli di Telinga Indonesia


Ahad, 27 September 2020 - 12:43:48 WIB
Adem Sari, Janda, Kawin, Salah, Males: Nama Pesepakbola yang Bikin Geli di Telinga Indonesia Kawin Thamsatchanan, kiper Thailand

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Beberapa nama pemain pesepakbola dunia terdengar kocak dan geli di telinga orang Indonesia. Karena beda bahasa, budaya, dan lainnya, nama para pesepakbola ini bisa jadi unik di telinga orang Indonesia. Tapi di sisi lain sebenarnya malah terdengar biasa-biasa saja di negara asal mereka atau bahkan di negara-negara lainnya.

Nama Mohamed Salah, misalnya. Dengan nama belakang 'Salah', penyebutan pesepakbola top Mesir yang bermain di Liverpool ini acapkali bisa jadi multitafsir. Gol Salah, misalnya. Maksudnya, sih, gol (yang dicetak oleh Mo) Salah. Bukan gol yang keliru.

Atau nama belakang penyerang muda Swiss yang musim panas ini baru direkrut Inter Milan, Darian Males. Jangan bingung kalau nanti ada 'dribble Males' atau 'operan Males', yang bisa jadi terkesan multitafsir.

Nah, merujuk ke gudang data pemain di TransferMarkt, sebenarnya ada pula sejumlah nama pesepakbola di dunia yang akan jadi unik di telinga orang Indonesia. Di negara asal mereka, nama-nama itu sejatinya biasa saja. Tapi beda bahasa, disertai maknanya, jadi bikin nama-nama tersebut jadi unik karena punya makna tambahan atau identik dengan hal lain di Indonesia.

Sebut saja Adem Sari. Bukan minuman yang konon mujarab untuk mengobati panas dalam tapi sosok 35 tahun yang kini merumput di klub sepakbola Jerman, SV Gosheim. Pria kelahiran Jerman yang tercatat juga punya paspor Turki itu berstatus sebagai manajer merangkap pemain di klub tersebut.

Ada pula Vladimir Granat. Bek tengah kelahiran Rusia 35 tahun lalu itu belum punya klub lagi sejak 1 Agustus 2020. Terakhir, ia membela klub Rubin Kazan dan mencatatkan penampilan terbanyaknya bersama Dynamo Moskow.

Berikutnya Nangis, tepatnya Lenny Nangis. Pesepakbola ini lahir di Guadeloupe pada 26 tahun lalu. Ia sempat membela timnas Prancis di jenjang usia U-16 sampai U-21, walaupun kini tercatat di timnas senior Guadeloupe. Trandsfermarkt mencatat bahwa Lenny Nangis kini merumput di divisi kedua liga Belgia.

Timnas Republik Ceko pernah diperkuat seorang pemain dengan nama Janda di awal tahun 2011 lalu. Nama lengkapnya adalah Petr Janda. Pemain tengah 33 tahun itu sekarang sudah pensiun dari sepakbola, dengan catatan antara lain punya dua caps di timnas.

Nah, nama yang satu ini boleh jadi lebih familiar buat penggemar sepakbola di Tanah Air: Kawin Thamsatchanan. Ya, Kawin adalah kiper asal Thailand yang sudah beberapa kali jumpa timnas Indonesia di kompetisi regional.

Merujuk data TransferMarkt, kiper 30 tahun ini sekarang merumput di Jepang bersama klub H. C. Sapporo. Ia bergabung sejak Februari lalu dan terikat kontrak sampai Desember mendatang.

Karena beda bahasa, budaya, dan lainnya, nama para pesepakbola ini bisa jadi unik di telinga orang Indonesia. Tapi di sisi lain sebenarnya malah terdengar biasa-biasa saja di negara asal mereka atau bahkan di negara-negara lainnya. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 15 Juni 2019 - 19:16:58 WIB

    Semen Padang FC U-16 Raih Kemenangan Perdana di Elite Pro Academy 2019

    Semen Padang FC U-16 Raih Kemenangan Perdana di Elite Pro Academy 2019 PADANG, HARIANHALUAN.COM - Semen Padang FC U-16 akhirnya mampu meraih kemenangan perdana mereka diajang Elite Pro Academy U16 2019. Bermain menghadapi PSIS Semarang U16 sore ini, Sabtu (15/6) dilapangan PT. Semen Padang, Char.
  • Sabtu, 15 Juni 2019 - 07:58:43 WIB

    Semen Padang U18 Patok Poin Penuh di Laga Perdana Elite Pro Academy 2019

    Semen Padang U18 Patok Poin Penuh di Laga Perdana Elite Pro Academy 2019 PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kompetisi Elite Pro Academy (EPA) U-18 2019 segera bergulir. Semen Padang FC U-18 akan melakoni laga perdana dengan menghadapi PSIS Semarang U-18 pada sore ini, Sabtu (15/6) dan besok (Minggu, 16/6).
  • Senin, 10 Juni 2019 - 18:08:50 WIB

    Tetapkan 26 Pemain, Semen Padang U-18 Siap Ikuti Elite Pro Academy 2019

    Tetapkan 26 Pemain, Semen Padang U-18 Siap Ikuti Elite Pro Academy 2019 PADANG, HARIANHALUAN.COM - Semen Padang FC U-18 memastikan 26 pemain untuk mengarungi Elite Pro Academy U-18 2019. Jumlah ini merupakan hasil seleksi tim pelatih beberapa waktu lalu sebelum lebaran..
  • Jumat, 19 Agustus 2016 - 03:10:25 WIB
    JUARA PIALA MENPORA U-16 TINGKAT PROVINSI

    Akademi PSP Padang ke Tingkat Nasional

    Akademi PSP Padang ke Tingkat Nasional PADANG, HALUAN — Akademi PSP Padang berhasil meraih juara Piala Menpora U-16 dan berhak menjadi wakil Sumatera Barat untuk tingkat nasional. Pada partai final Akademi PSP Padang berhasil mengalahkan Putra Brandon dengan sko.
  • Senin, 01 Agustus 2016 - 03:43:29 WIB
    PIALA MENPORA U-16

    Akademi PSP Padang Raih Juara

    Akademi PSP Padang Raih Juara PADANG, HALUAN — Tim Akademi PSP Padang berhasil menjadi juara Piala Menpora U-16 regional Padang. Aka­demi PSP berhasil menjadi juara setelah di partai final menga­lahkan Putra Wijaya dengan skor 3-2, Minggu (31/7) di La.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]