Wajib Tahu! Tiga Cara Ini Dinilai Ampuh untuk Antisipasi Kehilangan HP


Sabtu, 26 September 2020 - 22:44:32 WIB
Wajib Tahu! Tiga Cara Ini Dinilai Ampuh untuk Antisipasi Kehilangan HP ilustrasi IMEI ponsel

HARIANHALUAN.COM - Saat kehilangan HP tentunya akan menimbulkan masalah dalam banyak hal, mengingat kini data penting semua tersimpan di HP. Data seperti foto, video, kontak hingga pesan tersimpan di HP bisa saja raib ketika kamu kehilangan HP. Mencegah ponsel hilang atau yang terburuk dicuri seseorang, pengguna dapat melakukan beberapa antisipasi. 

Dilansir dari Android Authority, Jumat (25/9/2020), berikut tiga hal yang harus dilakukan untuk mencegah hilangnya ponsel:

1. Gunakan sandi yang kuat
Pertama, pengguna harus mengatur PIN atau kata sandi yang kuat. Jangan menggunakan angka atau susunan huruf yang mudah ditebak. Jika seseorang menemukan atau mengambil ponsel, hal pertama yang akan dilakukan adalah mencoba membukanya dengan kode sederhana dan itu dapat menyebabkan banyak masalah.

Untuk mengaktifkan PIN atau kata sandi di Android, buka Settings > Security > pilih opsi Screen Lock di bawah bagian Device Security > pilih gaya kunci layar yang diinginkan pengguna > masukkan kode sandi baru atu pola buka kunci. Bagi pengguna iOS, Anda dapat mengaktifkan kode sandi dengan membuka Settings > pilih Face ID & Passcode atau Touch ID & Passcode, tergantung perangkat > lalu aktifkan Passcode > masukkan kode sandi baru.

Jika ponsel memiliki pemindai sidik jari atau pengenalan wajah, pastikan untuk mengaktifkannya karena fitur itu menambahkan lapisan keamanan yang sulit dibobol oleh pencuri.

2. Aktifkan Find My Device atau Find My iPhone
Anda harus mengaktifkan Find My Device atau Find My iPhone di pengaturan, sehingga dapat memastikan bahwa pengguna benar-benar menemukan, menonaktifkan dari jarak jauh, dan menghapus ponsel yang hilang. Untuk mengaktifkan Find My Device di Android, buka Settings > Security > Find My Device > aktifkan toggle. Bagi pengguna iPhone, buka Settings > ketuk nama di bagian atas layar Settings > ketuk Find My > aktifkan fitur yang ingin digunakan.

3. Catat nomor IMEI ponsel
Jika ponsel dicuri, ada kemungkinan bahwa ponsel akan dijual kembali. Sebelum hal ini terjadi, pengguna sebaiknya mencatat nomor IMEI ponsel sehingga dapat memverifikasi bahwa ponsel yang dicuri adalah milik Anda jika pernah muncul. Untuk mendapatkan nomor IMEI di Android, buka Seetings > gulir ke bawah dan pilih opsi About Phone > akan menemukan nomor IMEI ponsel di sana. Catat nomor tersebut dan simpan di tempat yang aman. Pengguna iPhone, buka aplikasi Phone > ketikkan *#06# pada keyboard. IMEI akan muncul secara otomatis. 

Langkah-langkah di atas merupakan cara mencegah dan berhati-hati bagi pengguna sebelum kehilangan ponsel.  Beberapa hal di atas sebaiknya dilakukan sebelum terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan HP. (*)

loading...
 Sumber : HiTekno /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 10 Oktober 2020 - 20:07:24 WIB

    10 Rekomendasi HP Android dan iPhone yang Wajib Kamu Punya di Tahun 2020

    10 Rekomendasi HP Android dan iPhone yang Wajib Kamu Punya di Tahun 2020 HARIANHALUAN.COM - Meski negeri sedang diterpa resesi ekonomi, meski virus corona tak kunjung mereda, hingga yang terbaru, meski penolakan RUU Cipta Kerja masih terus bergelora, tentunya bagi para pecinta gadget tak boleh ke.
  • Kamis, 10 September 2020 - 07:19:10 WIB

    Wajib Tahu! Inilah Cara Cek dan Melaporkan Rekening Penipu Olshop

    Wajib Tahu! Inilah Cara Cek dan Melaporkan Rekening Penipu Olshop HARIANHALUAN.COM - Anak Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menjadi korban penipuan akun jualan online melalui Instagram. Cerita tersebut dibagikan oleh Kaesang melalui akun Twitternya. .
  • Kamis, 10 September 2020 - 06:15:32 WIB

    Wajib Dihapus! Ini 6 Aplikasi Penyebab HP Lemot

    Wajib Dihapus! Ini 6 Aplikasi Penyebab HP Lemot HARIANHALUAN.COM - Para pengguna smartphone tentunya pernah mengalami perangkat yang tiba-tiba menjadi lemot selama beberapa waktu. Permasalahan smartphone yang lemot seperti ini pastinya akan menyusahkan kita terutama bila.
  • Sabtu, 29 Agustus 2020 - 19:47:24 WIB

    Wajib Tahu! Ini Dia 9 Aktivitas Online yang Membahayakan Privasi

    Wajib Tahu! Ini Dia 9 Aktivitas Online yang Membahayakan Privasi HARIANHALUAN.COM - Krisis privasi sepertinya merupakan hal yang awam kini. Terlebih sejak melesatnya perkembangan teknologi internet. Semua orang di dunia menjadi sangat mudah membagikan informasi yang tak jarang pula disalah.
  • Sabtu, 29 Agustus 2020 - 14:32:42 WIB

    Wajib Subscribe Nih! Berikut 5 Channel Youtube Gaming 

    Wajib Subscribe Nih! Berikut 5 Channel Youtube Gaming  HARIANHALUAN.COM - Youtube nggak hanya jadi platform buat menikmati musik saja. Seiring berkembangnya era digital, banyak content creator masa kini yang membuat konten Youtube menarik lainnya. Gaming misalnya jadi salah satu .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]